DLHK, Cairan Bio Technologi Hilangkan Bau Sampah di TPA Jatiwaringin


onlinepantura.com KABUPATEN TANGERANG - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) akan merevitalisasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin, Kecamatan Mauk. Gunung sampah akan dibuat seperti layaknya taman.

Tumpukan sampah di TPA Jatiwaringin semakin menjulang tinggi di lahan seluas 18 hektare, terlihat seperti gunung buatan. Ini menjadi pekerjaan rumah Pemkab Tangerang melalui dinas terkait untuk menatanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, H.Achmad Taufik mengatakan, wajah TPA Jatiwaringin akan ditata seperti layaknya taman. Yakni dengan menggunakan sistim septil. Dengan maksud agar sampah yang menumpuk tidak berceceran sampai ke jalan raya.

Hal yang sudah dilakukan oleh pihak dinas sementara ini adalah melakukan penyiraman tumpukan sampah menggunakan cairan Bio Technology. Maksudnya untuk mengurangi bau tak sedap yang selama ini dikeluhkan oleh warga setempat. Juga mengurangi asap,saat sampah tersebut di bakar.

Menurut Taufik, penyiraman Bio Technology akan terus dilakukan, agar tidak menimbulkan bau sampah yang menyengat dan meminimalisir asap yang keluar dari pembakaran sampah. Ia menambahkan, penyiraman cairan ini dilakukan satu hari sampai seminggu dan bertahan lama.

“Bau sampah dari jenis lain bisa dihilangkan, termasuk penekanan unsur logam berat atau B3. Setelah disiram menggunakan cairan ini, diperkirakan bau tidak sedap akan hilang selama 6 bulan,” ungkapnya.

(Red/Wan)

Tidak ada komentar