Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Malam ini Gerhana Bulan, BMKG: Waspada Fenomena Alam akan Terjadi Selam 4 Hari

Sabtu, Januari 19, 2019 | 17:34 WIB Last Updated 2019-07-05T04:39:12Z

OnlinePantura.com - Peristiwa langka Gerhana Bulan total berbarengan dengan Fenomena Supermoon akan terjadi di sejumlah negara, Minggu (20/1/2019) malam atau Senin (21/1/2019) dinihari waktu Indonesia.

Dua fenomena alam, Gerhana Bulan total dan supermoon berpadu jadi satu ini akan dapat dilihat di Amerika Utara dan Selatan, begitu juga di lokasi-lokasi seperti Greenland, Eslandia, Irlandia, Britania Raya, Norwegia, Swedia, Portugal, dan pantai-pantai di Perancis dan Spanyol.

Dampak fenomena Supermoon juga akan terasa di sejumlah wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Supermoon ini akan memicu gelombang tinggi mulai Sabang Banda Aceh hingga Jakarta & pesisir Jatim.


DIkatakan BMKG, fenomena supermoon secara bersamaan disertai peristiwa bulan purnama mulai 19-22 Januari 2019.
"Fenomena supermoon secara bersamaan disertai dengan peristiwa bulan purnama dari tanggal 19 sampai 22 Januari dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir,"kata Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang Siswanto di Sabang, Jumat (18/1/2019).

Menurut dia, fenomena tersebut juga berpotensi mengganggu wisata bahari atau air serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan di sekitar pelabuhan pesisir.

Ia menjelaskan, sehubungan dengan adanya fenomena supermoon atau posisi perigea dimana pada saat tersebut posisi bulan dan bumi berada pada jarak terdekat.

Red

×
Berita Terbaru Update