Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Desa Gintung Resah, Non Muslim di Kebumikan di Tanah Warga

Rabu, Mei 08, 2024 | 19:27 WIB Last Updated 2024-05-08T12:29:44Z
Warga Desa Gintung Resah, Non Muslim di Kebumikan di Tanah Warga

Kabupaten Tangerang - Warga Desa Gintung, Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Resah diduga adanya makam non muslim yang di makamkan berdekatan dengan area pemakaman milik adat, yang sudah berada puluhan tahun tersebut.


Diketahui makam tersebut berada di lahan milik warga yang sudah dijual kepada warga perumahan yang berada di Desa Gintung, dan belum diketahui dengan persis peruntukan dan perizinan lahan tersebut.


"Sudah ada lebih dari delapan makam dari warga perumahan GAS ( Griya Artha Sepatan), yang sudah menguburkannya di area yang sangat berdekatan dengan milik makam adat warga Gintung," terang Kuncoro (50) warga setempat saat memberikan keterangan.


Bahkan dirinya mempertanyakan keberadaan status tanah tersebut, apakah memiliki izin dari dinas terkait yang di peruntukan sebagai lahan pemakan non muslim atau warga perumahan tersebut,?.


"Lahan tersebut sejauh ini di pergunakan sebagai lahan perkebunan, meski di pergunakan untuk perluasan area pemakaman itu hanya untuk warga desa Gintung yang memang masih banyak memerlukan lahan tersebut, sedangkan untuk lahan pemakaman bagi warga perumahan sudah di persiapkan oleh pihak perumahan tersebut," jelasnya.


Di lain sisi Nurhayadin Kadus Perumahan Griya Artah Sepatan mengutarakan dirinya emang  mengetahui hal adanya penggunaan lahan tersebut yang di peruntukan sebagai area pemakaman bagi warga perumahan, akan tetapi secara legalitas kurang mengetahui.


"Saya, kurang mengetahui hal tersebut karena itu di saat kepemimpinan Desa sebelumnya, dan legalitas seperti apa,?" ujarnya.


Selain itu lanjut Kadus, kami pemerintah Desa saat ini masih prematur dan panitia pemakaman tersebut di bentuk sebelum pemerintah desa Gintung saat ini, dan kami dari pihak pemerintah desa akan ada pemanggilan kepada pihak terkait.


Sementara Amsuri Kepala Desa Gintung saat di mintai keterangan oleh wartwan menuturkan pihaknya belum mengetahui dengan jelas terkait lahan pemakaman yang di pergunakan pihak perumahan tersebut.


"Saya selaku Kepala Desa Gintung, belum mengetahui seutuhnya terkait pemakaman tersebut, dan ini baru saya ketahui setelah adanya keresahan warga adanya non muslim yang di Kebumikan di area tersebut,"papar Amsuri.


Kami, lanjut Kepala Desa Gintung, pemdes Gintung akan segera memanggil pihak pihak terkait untuk mengetahui kepastiannya, baik perizinan atau peruntukan lahan tersebut. 

Selain itu saya juga berharap warga perumahan untuk menggunakan lahan pemakaman yang sudah di siapkan oleh pemerintah Kabupaten Tangerang yang berada di Buniayu yang berada di Kecamatan Suka Mulya. (Jamal) 

×
Berita Terbaru Update