Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mencegah Bullying dan Kekerasan Seksual di Al Hikmah Boarding School, Polres Batu Laksanakan Psikoedukasi

Sabtu, Maret 09, 2024 | 10:29 WIB Last Updated 2024-03-09T03:32:25Z
Mencegah Bullying dan Kekerasan Seksual di Al Hikmah Boarding School, Polres Batu Laksanakan Psikoedukasi


Kota Batu - Polres Batu melaksanakan kegiatan psikoedukasi terkait bullying dan kekerasan seksual di Al Hikmah Boarding School Kota Batu. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMP dan SMA, pengasuh dan pengurus Sekolah Al Hikmah Boarding School Kota Batu. Jum’at ( 8/3/2024 ).


Kegiatan psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa tentang bullying dan kekerasan seksual, serta bagaimana cara mencegah dan menanganinya. Materi psikoedukasi disampaikan oleh Ipda Supriadi S.H selaku Kasubbag Binkar Polres Batu.


Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza S.H., M.H, dalam sambutannya Wakapolres Batu menyampaikan bahwasannya kegiatan psikoedukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa Al Hikmah Boarding School tentang bullying dan kekerasan seksual, serta dapat mencegah terjadinya bullying dan kekerasan seksual di lingkungan sekolah. Ia juga sempat menanyakan apa arti bullying pada siswa yang hadir.


“Dengan adanya kegiatan ini saya harap tidak ada kasus bullying atau kekerasan seksual di sekolah ini, sekarang saya coba tanya siapa yang tahu apa itu bullying?” ujar Wakapolres Batu.


Dalam materinya, Ipda Supriadi menjelaskan tentang definisi bullying dan kekerasan seksual, ciri-ciri, dampak, dan cara pencegahannya. Beliau juga memberikan tips kepada para siswa tentang bagaimana cara menangani bullying dan kekerasan seksual jika mengalaminya atau melihatnya terjadi pada orang lain.


Kanit PPA Polres Batu Aipda Priyanto Puji Utomo S.H selaku unit penanganan kasus terkait anak dan perempuan mengatakan bahwa kegiatan psikoedukasi ini merupakan salah satu upaya Polres Batu untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi para siswa dan siswi.


"Kami berharap dengan kegiatan ini, para siswa dan siswi dapat memahami tentang bullying dan kekerasan seksual, serta dapat mencegah terjadinya bullying dan kekerasan seksual di lingkungan sekolah," ujar Kanit PPA Polres Batu.


Kepala Sekolah Al Hikmah Boarding School, Ustadz H. Ahmad Mujahid, M.Pd., menyambut baik kegiatan psikoedukasi yang diselenggarakan oleh Polres Batu.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan psikoedukasi ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa dan siswi kami untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang bullying dan kekerasan seksual," ujar Ustadz Ahmad.


Kegiatan psikoedukasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab antara para siswa dan didapati bahwa sudah banyak siswa yang mulai memahami arti dan bahaya serta konsekuensi tentang bullying dan pelecehan seksual.


(Rls/Sam)

×
Berita Terbaru Update