Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Cek SPBU, Polres Batu Akan Sanksi Tegas SPBU Nakal

Sabtu, Maret 30, 2024 | 15:31 WIB Last Updated 2024-03-30T08:32:36Z
Cek SPBU, Polres Batu Akan Sanksi Tegas SPBU Nakal


Kota Batu - Polres Batu Polda Jatim melakukan pengecekan ke sejumlah SPBU. Kegiatan yang bertujuan memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) tercukupi serta mengawasi adanya kecurangan jelang Idul Fitri 1445 H. 


Giat yang dilaksanapakan pada Sabtu (30/3/24) ini dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Rudi Kuswoyo beserta anggotanya mendatangi tiga SPBU diantaranya, SPBU Pendem, SPBU Songgoriti dan SPBU Pandanrejo.


Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin , mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan penjualan BBM di Kota Batu.


"Anggota kita dari Sat Reskrim dengan didampingi dari Disperindag Kota Batu telah melakukan pengecekan di beberapa SPBU guna menghindari terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan pendistribusian BBM.

Selain pengecekan, kegiatan ini bertujuan mencegah terjadinya antrian yang berlebihan  menjelang hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi akan datang,” Kata Kapolres.


Kapolres menambahkan, langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Polres Batu.


Sementara Kasat Reskrim AKP Rudi Kuswoyo, menyampaikan dalam kegiatan pengecekan tersebut, personel yang bertugas juga melakukan pemantauan terhadap aktivitas di SPBU.


“Kita juga pastikan selain pengawasan SPBU, kita juga memastikan bahwa antrian kendaraan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas di sekitar area SPBU serta proses pengisian BBM berjalan dengan tertib dan aman,” ujar Rudi Kuswoyo.


Dari pengecekan ke sejumlah SPBU ini, Polisi tidak menemukan adanya penyimpangan yang dilakukan SPBU dalam penjualan BBM. 


Polri juga mengimbau kepada pengusaha SPBU agar tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin bahan bakar tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.


Pengawasan ini tidak hanya terbatas dilakukan selama hari ini saja, pihak Sat Reskrim Polres Batu akan tetap melakukan pemantauan secara tertutup. 


Rudi Kuswoyo menegaskan “Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, sebagaimana hukum yang berlaku seperti penyegelan dan proses pidana jika ditemukan SPBU mencurangi meteran". 

( Rls / Sam )

×
Berita Terbaru Update