Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bakesbangpol Kabupaten Tangerang Beri Bintek Ormas

Rabu, Desember 20, 2023 | 09:56 WIB Last Updated 2023-12-20T03:00:00Z
Bakesbangpol Kabupaten Tangerang Bintek Teknis Peningkatan Manajemen Ormas


Kabupaten Tangerang - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tangerang melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Manajemen Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Tangerang, Senin (18/12/2023).


Kegiatan yang diikuti oleh 159 peserta dari 53 ormas ini digelar guna meningkatkan kapasitas pengetahuan ormas terkait peluang usaha. Mengingat, ormas juga berperan sebagai mitra pemerintah.


Mewakili Kepala Bakesbangpol, Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Encep Muhayat menyampaikan, ormas merupakan organisasi yang dibentuk oleh warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk berperan dalam pembangunan negara.


Ormas juga merupakan salah satu mitra pemerintah dan sebagai fasilitator masyarakat. Maka dari itu, Ormas dituntut untuk profesional, sehingga keberadaan ormas dapat dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat. 


"Ormas juga berperan besar dalam proses pembangunan (negara), maka dari itu sudah seharusnya ormas dapat meningkatkan kemandirian dalam mencapai tujuan organisasi. Diantaranya melalui kegiatan pemberdayaan seperti ini," ucapnya.


Ia menyampaikan, dengan Tema Peluang Usaha Bagi Kemandirian Ormas, Bakesbangpol ingin ormas di Kabupaten Tangerang dapat membuka wawasan terkait dengan peluang-peluang usaha.


"Tentunya ini merupakan tugas kami di Bakesbangpol sebagai unsur pelaksana pemerintahan di bidang kesatuan bangsa dan politik. Salah satunya yakni melakukan fasilitasi dan pemberdayaan untuk meningkatkan kinerja dan menjaga keberlangsungan ormas yang sehat, mandiri, akuntabel dan profesional," ujarnya.


Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Pada Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Sapta Laelany menyampaikan, selain untuk meningkatkan kemandirian dan membuka wawasan terkait peluang usaha, kegiatan ini juga digelar guna meningkatkan pengetahuan ormas tentang cara melakukan tertib administrasi.


Terdapat beberapa narasumber yang turut memberikan materi, diantaranya adalah Suryati selaku Pegiat UMKM Kabupaten Tangerang, Andini sebagai Praktisi Pemberdayaan Masyarakat, Eris Andriansyah dari Kanwilkumham Provinsi Banten dan Fahmi selaku Vendor dari Database Ormas.


"Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi suatu kesempatan yang baik dalam memperluas peluang pengetahuan bagi kemajuan ormas yang ada di Kabupaten Tangerang," pungkasnya. (rls/hms) 


×
Berita Terbaru Update