Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Aktivis Desak Pemerintah Tertibkan Bangunan Bantaran Sungai Cisadane di Kampung Melayu Barat

Senin, Mei 03, 2021 | 12:48 WIB Last Updated 2021-05-08T13:13:19Z

 

Aktivis Desak Pemerintah Tertibkan Bangunan Bantaran Sungai Cisadane di kampung Melayu barat

Kabupaten Tangerang - Ingin membuktikan komitmen bahwa 2021 adalah tahun penegakkan hukum, aktifis lingkungan hidup Tangerang Utara  Niwan Rosidin mendesak pemerintah melalui kantor balai besar Cisadane Ciliwung, Bupati Tangerang dan Camat Teluknaga untuk turun ke kawasan pinggiran Sungai Cisadane untuk menertibkan bangunan liar.


Niwan Rosidin mengatakan mendesak pemerintah melakukan penyisiran bersama dengan aparat gabungan sepanjang 2,5 kilometer di sepanjang bantaran Cisadane yang terletak di sepanjang Desa Kampung Melayu Barat, Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. 


“Pinggiran Cisadane yang masuk dalam Garis Sempadan Sungai (GSS) dipenuhi bangunan liar yang digunakan oknum pelaku usaha untuk kegiatan usaha dan industri  yang melanggar UU konservasi yaitu UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bertujuan untuk melindungi NKRI dari pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup dan UU 26/2007 tentang penataan ruang ,”ucapnya pada Senin (3/5/2021).


Niwan menyatakan  mengingatkan kepada para pemilik usaha segera menutup usaha mereka. Selain melanggar GSS, aktivitas mereka juga melanggar aturan pendirian bangunan karena menempati tanah negara tanpa izin.


"Sejak tahun 2010 setahu saya balai besar Cisadane  dan Pemkab Tangerang serta camat Teluknaga sudah peringatkan cuma mereka masih saja buka usaha di sana,"kata dia.


Bantaran Sungai Cisadane sepanjang desa kampung Melayu barat  kini terbilang memprihatinkan. 


Ditambah dengan keberadaan sejumlah kegiatan usaha pengolahan industri yang membuang  limbah cair tanpa izin, hendaknya pemerintah segera  membersihkan area ini untuk diturap lantaran rawan longsor juga akan dibuatkan ruang terbuka hijau di sini."tandas Niwan.(Rls/Hin) 

×
Berita Terbaru Update