Warga Desa Cengklong Terima BLT-DD


OnlinePantura.com- Pemerintah Desa Cengklong, Kecamatan Kossmbi mulai mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap pertama. Sebanyak 176 Kepala Keluarga (KK), sudah tidak sabar untuk segera mengambil uang bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu perbulan selama 3 bulan ke depan.

Bantuan sosial di tengah wabah virus corona ini memang menjadi salah satu kebijakan pemerintah dalam menangani wabah covid-19. Seperti beberapa hari sebelumnya, warga desa setempat telah menerima bantuan sosial berupa sembako. Namun penerima bantuan sembako maupun BLT-DD berbeda-beda. Artinya, satu penerima hanya menerima satu jenis bantuan dari pemerintah.

Penyaluran BLT-DD ditandai penyerahan secara simbolis oleh Kepala Desa Cengklong, Pinan kepada penerima bantuan. Masing-masing warga langsung menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk satu bulan terlebih dahulu. “BLT-DD ini diberikan dan ini baru tahap pertama,” jelasnya.

Lanjutnya, penyaluran BLT-DD ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes dan PDTT) No 1261/PRI.00/IV/2020 tentang BLT-DD, dalam rangka meringankan beban masyarakat desa yang terdampak Covid-19.

Ini merupakan kebijakan pusat dan pemerintah desa hanya menyalurkannya saja. Penyerahan yang dilakukan Pinan secara simbolis agar transparan dan semua bisa mengawasi bantuan ini bahwa benar-benar telah diterima oleh masyarakat yang berhak menerima.

Pinan mengatakan, pemerintah memberikan bantuan ini dalam rangka percepatan penanggulangan wabah Covid 19, pemerintah Republik Indonesia. Yakni dengan memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak melalui program bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa.

Sebelumnya para penerima ini sudah tersaring dalam validasi dan finalisasi di musyawarah desa (Musdes), khusus tentang penetapan keluarga miskin penerima BLT-DD. "Syukur Alhamdulillah kegiatan dapat berjalan aman, lancar dan memang penerimanya sesuai dengan kriteria yang diatur dan ketentuan,” tandasnya. (One) 

Tidak ada komentar