Menghadapi Musim Tanam, Petani dan Kelompok Tani Gelar Rapat Koordinasi


OnlinePantura.com - Desa Karang Anyar Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Kemiri yang memiliki potensi dibidang pertanian. Baik tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani dan buruh tani.

Di kesempatan ini Kepala Desa Karang Anyar, Suhendri melaksanakan kegiatan rapat koordinasi antara petani dan kelompok tani. Dengan mengundang BPP Tegal Kunir dan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan seluruh kelompok tani yang ada di wilayah setempat di rumah H Suhadi, Ketua Kelompok Tani Sukamanah, Selasa, 30 Juni 2020. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan pembinaan dan penguatan kelompok tani saat akan menghadapi musim tanam.

Hal yang terjadi pada kelompok tani yang ada di desa setempat yaitu dimana di desa ini sudah lama terbentuk kelompok tani. Namun partisipasi dan kekompakkan anggota kelompok dalam kegiatan kelompok tani masih relative rendah. 

Suhendri mengatakan, sehubungan dengan ini, perlu dilakukan pembinaan tentang pentingnya koordinasi antar kelompok. Dalam rangka penumbuhan dan pengembangan kelompok tani menjadi kelompok yang mandiri untuk meningkatkan pendapatan petani itu sendiri.

Kelompok tani merupakan fasilitator terhadap para petani yang menjadi anggota diharapkan mampu mengembangkan daya dan potensi anggotanya. Agar mampu meningkatkan hasil pertanian sesuai dengan yang diharapkan. 

Ia menjelaskan, kelembagaan petani ini mempunyai fungsi sebagai wadah proses pembelajaran guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap, wahana kerja sama dan unit produksi.

Kata Suhendri, pentingnya koordinasi antar kelompok tani ini adalah untuk memperkuat kerjasama diantara sesama petani. Baik dalam kelompok maupun antar kelompok tani, serta dengan pihak lain.

"Sehingga usaha taninya akan lebih efisien dan lebih mampu menghadapi hambatan dan gangguan dalam mengembangkan usaha taninya," jelas Suhendri.(One) 

Tidak ada komentar