Anggota Linmas Desa Lemo Diberikan Pembinaan Dan Pembekalan

 

OnlinePantura.com - Pemerintah Desa Lemo melakukan pembekalan dan pembinaan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebanyak 33 anggota di kantor desa, Kamis, 25 Juni 2020. Anggota Linmas ini nantinya memiliki tugas di wilayahnya masing-masing. Tentunya, Kepala Desa Lemo, H Satria dan masyarakat secara umum mengharapkan keamanan.

H Satria  mengatakan, adanya Linmas ini nantinya untuk menjaga kemanan di wilayahnya masing-masing. Dirinya berharap dengan Linmas di setiap kampung, keamanan akan semakin terjaga dan menjadi lebih aman. Untuk tugas Linmas ini, lanjut Jumansyah, selain menjaga kemanan juga ikut membantu ketika ada bencana baik kebakaran, banjir dan tugas sosial lainnya.

H Satria nanti terus melakukan pembinaan dan pelatihan kepada anggota Linmas yang telah ditunjuk. Sehingga benar-benar siap untuk melakukan tugas pokok dan fungsinya Linmas.

Dalam kegiatan ini H Satria sengaja mengundang Babinsa desa setempat. Untuk memberikan pengarahan, sekaligus pembinaan pelatihan pembekalan materi. Sehingga anggota Linmas nantinya dapat lebih baik, disiplin dan semangat.

Pembekalan materi yang disampaikan antara lain fungsi linmas. Yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat. Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam. 

Juga membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

Ia menambahkan, fungsi Linmas sendiri adalah memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan.

“Untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas,”terang dia. (One

Tidak ada komentar