Camat Mauk Apresiasi Sosialisasi Penerapan Sanitasi dan Higiene Untuk Penyediaan Pangan Asal Hewan Yang Asuh


onlinepantura.com MAUK - Sosialisasi Penerapan Sanitasi dan Higiene pada penyediaan Pangan Asal Hewan Yang Asuh  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang di Aula Kecamatan Mauk pada Rabu 18 September 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Dokter Hewan, Kustri Wundaryani menjelaskan, Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat/peternak/pengelola pangan asal hewan/PIRT untuk lebih memperhatikan aspek Higiene sanitasinya di seluruh rantai pangan.

Melalui kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan dapat memotivasi para pemilik/pengusaha produksi pangan asal hewan untuk lebih meningkatkan higiene dan sanitasi dalam proses produksi sesuai dengan Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) sehingga akan menghasilkan produk pangan asal hewan yang aman dan berkuaitas sehingga layak untuk dikonsumsi sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,"jelasnya.


Demikian halnya Camat Mauk Arif Rahman Hakim pada pembukaan sosialisasi kegiatan menyampaikan, kegiatan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pelaku utama dan pelaku usaha menjadi sangat penting agar mereka mampu menghasilkan produk pangan asal hewan yang ASUH dan halal.

Pengawasan dan pengendalian higiene dan sanitasi menjadi penting dalam upaya melindungi kepentingan masyarakat sekaligus mewujudkan ketentraman batin dan kesehatan masyarakat. 

“Namun, meskipun pelaku utama dan pelaku usaha sudah kita dorong untuk menjamin keamanan dan kehalalannya, kita tetap harus waspada terhadap produk pangan asal hewan yang tidak ASUH dan belum bersertifikasi halal,,”ujarnya.

Kegiatan dihadiri peserta yang merupakan peternak Sapi/Ayam Potong/Ayam Petelur; Pengusaha. Rumah Makan se wilayah Kecamatan Mauk. 

Jamal/solihin

Tidak ada komentar