Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Ajak Warga Desa Ketapang Budidayakan Mangrove

Kamis, Maret 22, 2018 | 13:56 WIB Last Updated 2019-11-05T04:21:16Z

MAUK -Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang mengadakan sosialisasi Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) dan Fasilitasi Pembangunan Kawasan Budidaya Tahun Anggaran 2018 Di Aula Kantor Desa Ketapang Kecamatan Mauk pada Kamis 22 Maret 2018.

Camat Mauk yang di wakili staf Eksbang Muhammad Ali menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas perikanan yang telah membantu kepada warga ketapang untuk membudidayakan pohon  mangrove yang selama ini hampir punah di pesisir laut utara khususnya di Desa Ketapang ini.

Pihak Kecamatan Mauk sangat  mendukung sekali kegiatan ini "Semoga kedepannya budidaya pohon mangrove di ketapang bisa sukses dan maju, "ucapnya.

Demikian halnya dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan pemberdayaan dan Budidaya Dinas perikanan Kabupaten Tangerang Dwi retno Susilaningsih menyampaikan bahwa menanam mangrove itu sangat penting, karena salah satunya untuk mencegah abrasi laut.
Masalah budidaya mangrove bukan saja tanggungjawab Dinas akan tetapi tanggungjawab masyarakat,"jelasnya.

"Budidaya mangrove sangat besar manfaatnya bukan saja mengatasi abrasi akan tetapi mangrove dapat di olah kembali seperti untuk bahan makanan,untuk bahan obat dan bahan kesehatan lainnya.

Selain itu, menurutnya budidaya mangrove kalau kita menjalankannya dengan sebaik mungkin nantinya akan menjadi pariwisata mangrove kedepannya sehingga secara perekonomian masyarakat ketapang bisa maju dan Desa sendiri ada peningkatan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), jelasnya.

Kami sangat berharap melalui sosialisasi ini masyarakat ketapang bisa kerjasama  memajukan budidaya Mangrove,"harapnya.

Sementara itu Kasie Budidaya Mangrove Dinas Perikanan Sugih saputra galih menjelaskan sosialisasi ini dalam rangka meyakinkan masyarakat untuk menanam mangrove karena di tangerang sudah sangat memprihatinkan sekali dan hancur,maka dengan sosialisasi ini bagaimana masyarakat bisa menjaga dan menangani mangrove.

Hari ini sosialisasinya restorasi pelatihan penanaman mangrove lanjutan dari tahun 2017 dan Dinas perikanan sudah mensekolahkan 9 orang yang di ambil perwakilan dari pantura untuk mengikuti pelatihan mangrove di pantai indah kapuk Jakarta,"ujarnya.

Rangkaian sosialisasi ini dalam rangka membina sejak dini untuk sama sama ayo kita budidayakan mangrove di wilayah ketapang. Nantinya, Penanaman mangrove rencananya akan melibatkan anak sekolah tingkat SMA pada 24 April 2018 dengan jumlah 15000 ribu pohon mangrove yang akan kita tanam.

"Harapannya kedepan 51 kilometer pulau mangrove semoga kerjasama masyarakat dengan pemerintah program ini bisa maju dan berkembang,"jelasnya.

Solihin

×
Berita Terbaru Update