Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kapan Waktu dan Negara paling lama mengalami Gerhana Matahari Total, selama 4 menit 28 detik

Jumat, April 05, 2024 | 13:13 WIB Last Updated 2024-04-05T06:15:16Z
Kapan Waktu dan Negara paling lama mengalami Gerhana Matahari Total, selama 4 menit 28 detik


Jakarta - Kapan waktu dan Negara mana didunia paling lama mengalami Gerhana matahari total pada Senin (08/04/2024) akan terjadi di sepanjang pantai Pasifik Meksiko dan melintasi Texas, hingga 14 negara bagian AS lainnya. Setelahnya, gerhana matahari akan melintasi Kanada.


Seperti dilaporkan Associated Press, gerhana ini akan berlangsung hampir dua kali lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari total yang terjadi dari pantai ke pantai di AS pada 2017.


Bulan akan menyelubungi matahari hingga 4 menit dan 28 detik. Gerhana matahari akan dapat dirasakan oleh warga yang tinggal di kota-kota besar seperti Dallas, Indianapolis, hingga Cleveland.


Diperkirakan 44 juta orang hidup dalam jalur gerhana total. Beberapa ratus juga lain berada dalam jarak 320 kilometer, yang menjamin terjadinya gerhana matahari terbesar di benua ini.


Hampir semua orang di AS akan melihat gerhana sebagian. Anda juga dapat menyaksikan fenomena ini secara online. NASA akan menggelar stremaing online dari beberapa kota di sepanjang jalur lintasan.



Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang gerhana matahari total pada 8 April 2024:


Apa itu gerhana matahari total?

Bulan akan sejajar sempurna antara bumi dan matahari di tengah hari, menghalangi cahaya matahari. Gerhana penuh ini akan berlangsung lebih lama dari biasanya karena jarak bulan ke bumi hanya sekitar 360.000 kilometer, salah satu jarak terdekat di tahun ini. 


Semakin dekat bulan ke bumi, semakin besar ia terlihat di langit dari perspektif kita, sehingga menghasilkan periode kegelapan yang sangat panjang dan intens saat matahari tertutup. 


Gerhana matahari total akan berlangsung paling lama di Meksiko yaitu selama 4 menit 28 detik. Di tempat lain di sepanjang jalur gerhana, seperti di Syracuse, New York, gerhana matahari total hanya akan berlangsung selama 1 menit 30 detik.(Bloomberg Technoz)

×
Berita Terbaru Update