Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Kota Batu Laksanakan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Secara Serentak

Selasa, Februari 13, 2024 | 13:55 WIB Last Updated 2024-02-13T06:58:01Z
KPU Kota Batu Laksanakan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Secara Serentak


Kota Batu - Mempercepat jalannya distribusi logistik pemilu 2024, KPU Kota Batu melaksanakan pendistribusian logistik pemilu secara simbolis di Kantor KPU jl. Sultan Agung No. 16 Sisir Kecamatan Batu Selasa ( 13/2/2024 ).


Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Peawai, S. STP. ,  MM Kapolres Batu AKBP Oscar Syamsudin, S. Ik. MT, Kepala Kejaksaan Negeri Batu Didik Adyotomo, DH. MH, Rochani Divisi SDM Litbang KPU Jawa Timur, Heru Joko Purwanto Ketua KPU Kota Batu serta Suprianto Ketua Bawaslu Kota Batu.


Dalam sambutannya Wali Kota Batu  menyampaikan, "hari ini adalah hari yang kita tunggu - tunggu sampai hari esok maka tentunya  mempersiapkan diri sematang mungkin sebaik mungkin adalah tugas kita semua, baik tugas KPU sendiri sebagai penyelenggara maupun pemerintah sebagai pengawas dan juga membantu dari proses pelaksanaan kegiatan pemilu ini bisa berjalan dengan lancar. Hari ini adalah hari pendistribusian logistik ke TPS " . 


"Kita berharap Kota Batu yang wilayahnya tidak terlalu besar tidak mengalami kesulitan, berbeda dengan wilayah - wilayah lain yang punya kecamatan, kelurahan dan desa yang begitu banyak pasti akan menjadi kesulitan dalam pendistribusiannya, Alhamdulillah Kota Batu yang tentunya hari ini kita bisa selesaikan secara maksimal maka kami berharap bahwa dukungan semua pihak proses ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada yang menyalahi aturan yang telah ditetapkan".Tambah Aries. 


Kegiatan pendistribusian logistik pemilu langsung ke TPS - TPS ini mendapat pengawalan dari personil Polres Batu. AKBP Oscar Syamsudin kepada onlinepantura.com menyampaikan,"untuk kegiatan pengawalan pergeseran surat suara dan kotak suara dari dari KPU ke TPS tadi sudah didampingi langsung dari anggota personil Polri maupun dari TNI juga,  jadi nanti saat di lokasi di TPS juga akan diamankan oleh 2 personil anggota Polri, kemudian dari Linmas juga melaksanakan pengamanan di sana sampai pergeseran surat suara kembali ke TPS jadi tanggung jawab 2 personil tersebut untuk mengamankan kotak suara yang ada di TPS, kemudian nanti pada saat akan digeser surat suara, kotak suara ke PPS juga akan dilakukan pengawalan oleh personil yang bertugas di TPS dan anggota yang akan bertugas mengamankan TPS".


Dalam pengamanan TPS menurut Oscar menggunakan pola 2 anggota Polri, 20 PPS dan 40 Linmas.


Sementara itu kepada onlinepantura.com  Rochani menjelaskan kegiatan penyebaran logistik pemilu. "Hari ini teman - teman penyelenggara sedang menjalankan konstitusi untuk menyampaikan perlengkapan pemungutan suara kepada KPPS di beberapa kabupaten kota polanya ada yang berbeda dengan mempertimbangkan kondisi wilayah jumlah satker ". 


Prinsip pelaksanaan pendistribusian ini perlengkapan pemungutan suara sudah diterima KPPS pada H - 1 bisa dicukupi. Wilayah yang jumlah satker besar dan geografis yang sulit terjangkau Rochani menambahkan,"untuk wilayah yang jumlah satkernya cukup besar dan geografisnya tidak bisa dijangkau dalam sehari loading atau distribusi logistik dari KPU kabupaten kota ke kecamatan sudah dilaksanakan 2 - 3 hari yang lalu. Dalam prinsipnya seluruh perlengkapan pemungutan suara sudah diterimakan kepada KPPS pada H - 1 ".


Pelaksanaan distribusi logistik pemilu ini dilaksanakan serentak secara nasional, untuk wilayah Jawa Timur pendistribusian dijalankan untuk TPS sebanyak 120.662 TPS se Jawa Timur dari 38 Kabupaten/ Kota. 


Senada dengan KPU Jawa Timur, Marlina, SP, SMI anggota KPU Kota Batu menambahkan , " hari ini KPU Kota Batu secara serentak melepas logistik untuk dapat diturunkan ke KPPS masing - masing TPS namun hari ini kita bersepakat dengan stagholder dan juga pimpinan dan Bawaslu bahwa hari ini loading nya adalah ke kelurahan dan desa namun diterima oleh KPPS kita, karena mengingat keamanan kemudian juga SDM untuk pengamanan ini kita terbatas maka untuk loading ke masing - masing TPS nantinya akan bertahap, untuk wilayah - wilayah besar seperti TPS 5 besar seperti Sisir, Temas dan lainnya nanti malam sudah mulai loading ke TPS masing - masing tapi untuk wilayah - wilayah yang sedikit TPS nya mulai dari Subuh loading ke TPS masing - masing untuk menjaga keamanan, namun hari ini dipastikan KPPS sudah menerima logistik - logistik tersebut ".


Kegiatan pendistribusian logistik pemilu diresmikan langsung oleh Ketua KPU Kota Batu didampingi Pj. Wali kota Batu, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu dan Kapolres Batu. (Sam) 

×
Berita Terbaru Update