Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemilihan Ketua RW Rasa Pemilu, Warga Pilih Secara Langsung

Senin, Januari 09, 2023 | 12:18 WIB Last Updated 2023-01-10T02:29:00Z

 

Pemilihan Ketua RW Rasa Pemilu, Warga Pilih Secara Langsung

Kota Tangerang - Pemilihan Ketua RW 02 Perum Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang digelar layaknya rasa Pemilihan Umum (Pemilu) bertempat di Balai Warga Pos RW 02, Sabtu (7/1) kemarin.


Pemilihan ini dilaksanakan dengan menggunakan hak suara RW 02 sebanyak 292 suara, dari enam (6) RT yakni, RT 01 - 52 suara, RT 02 - 36 suara, RT 03 - 49 suara, RT 04 - 51 suara, RT 05 - 53 suara, dan RT 06 - 51 suara. 


Validitas data tersebut diperoleh Panitia Sembilan RW 02 dari Perwakilan setiap RT 01 s/d 06 yang sebelumnya telah disosialisasikan Tata Cara Pemilihan Ketua RW 02 oleh Ketua RT masing-masing yang telah disepakati bersama.


“Panitia yang berjumlah (9) sembilan orang bergerak mendatangi rumah warga dengan mekanisme peraturan (1) satu rumah (1) satu suara untuk melakukan pencoblosan kertas suara yang dimulai pada pukul (8) delapan hingga pukul 12. 00,” urai Ketua Panitia Agus Atma didampingi Panitia Sembilan.


Pemilihan Ketua RW Rasa Pemilu, Warga Pilih Secara Langsung


Lebih lanjut dia mengatakan paska pengumpulan kotak suara yang dari (6) enam kotak tersebut langsung disegel oleh Panitia Sembilan disaksikan Petugas Keamanan Babinsa Sigit, dan Babinkabtimas Try Juli. Tepat pada jam 13.30 Panitia Sembilan membuka kotak suara, dan dihitung (1) satu persatu kotak suara dihadapan empat calon.


“Pemilihan ini sengaja digelar layaknya Pemilu tujuannya untuk mengedapankan Tata Cara Pemilu sekaligus sosialisasi di Perumahan Pondok Arum tentang Pemilu. Adapun calon yang bersaing sesuai dengan nomor urut yakni Partinah (Ibu Totok), Irham Zuhri Lubis, Jemino, dan Moh. Yunus,” ungkap Agus. 


Pantauan di lokasi, warga tampak antusias mengikuti Pemilihan Ketua RW 02 beserta para pendukung (4) empat calon masing-masing memberikan semangat perjuangan berbagai yel-yel disaat penghitungan suara. 


“Paska pencoblosan, kemudian Panitia Pemilihan RW 02 menghitung suara dengan detil beserta hasil perolehan suara sebagai berikut : (1) Partinah memperoleh 70 suara, Irham Zuhri Lubis meraup 105 suara, Jemino meraih 22 suara, dan terakhir Moh. Yunus mendapatkan 67 suara,” imbuhnya.


Maka dalam proses panjang dan berliku-liku sebagai pemenangnya adalah Nomor Urut 2 yakni Irham Zuhri Lubis sebagai calon terpilh untuk disahkan sebagai Ketua RW 02 Periode 2023 – 2026 oleh Lurah Nambo Jaya Hadi Dharmawan.


“Ketua RW 02 terpilih, Irham Zuhri Lubis langsung mendatangi (3) tiga kandirat calon lainnya menyalami Partinah, Jemino, dan Moh. Yunus, kemudian disusul oleh Panitia Sembilan, kemudian para Pengurus dan para Ketua RT 01 s/d RT 06 untuk memberikan ucapan selamat dan sukses, dilanjutkan dengan sesi foto bersama,” tambahnya.


Pemilihan Ketua RW Rasa Pemilu, Warga Pilih Secara Langsung


Sementara itu tokoh masyarakat setempat H. Dedy sekaligus selaku pemerhati Pemilihan Ketua RW 02 saat ditemui Panita Sembilan di lokasi pemilihan menjelaskan, dari mekanisme peraturan dan tata cara pemilihan ini sudah sesuai dengan Perwal No 24 Tahun Tahun 2015.


“Pemilihan secara langsung didatangi ke warga, ini satu ide yang sangat bagus dan demokratis. Kemudian terkait Plt hal ini sdh sesuai dengan Perwal, tugas seorang Plt itu hanya selama tiga (3) bulan, Kemudian, tugas Ketua RW dilaksanakan oleh Sekretaris RW. Jadi hal ini sudah tepat Plt hanya menjabat selama (3) tiga bulan.


 Ia berharap dengan Ketua RW 02 terpilh nantinya soliditas warga harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar terutama oleh (6) enam RT setempat. 


“Sebab peran Ketua RT, dan Ketua RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan,”tandasnyai. 


(ags-atm)



 


×
Berita Terbaru Update