Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Tangerang Menerima Penghargaan Berhasil Membangun Kawasan Pesisir

Kamis, November 10, 2022 | 11:54 WIB Last Updated 2022-11-13T12:28:21Z
Bupati Tangerang Menerima Penghargaan Berhasil Membangun Kawasan Pesisir


Jakarta - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kembali menerima penghargaan atas keberhasilannya membangun kawasan pesisir. Penghargaan tersebut diberikan pada Road to CNBC Indonesia Awards 2022.


Bupati Zaki mendapatkan The Best Regional Leaders untuk kategori Exellence in Coast Urban Design. Sebelumnya, Bupati Zaki diganjar penghargaan Special Award: The Most Integrated Green Fishery Village, Ecosystem Development in Regency dalam Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022 di Manhattan Hotel Jakarta, Selasa (8/10). 


Pada penghargaan CNBC Indonesia kali ini, Bupati Zaki dinilai berhasil meningkatkan perekonomian serta membangun infrastruktur di kawasan pesisir. Pimpinan Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel pun memberikan plakat penghargaan kepada Bupati Zaki.


"Selamat atas penghargaan ini, maju terus buat bapak dan Kabupaten Tangerang. Sekali lagi selamat," ungkapnya di Kantor CNBC Indonesia, Rabu (9/11).


Menerima kehormatan tersebut, Bang Zaki, panggilan akrabnya berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh CNBC Indonesia. Kata dia, ini merupakan pelecut motivasi dirinya untuk terus mengembangkan kawasan pesisir.


"Terima kasih, ini memberikan kami semangat dan motivasi untuk terus membangun desa dan juga pesisir di Kabupaten Tangerang, termasuk desa-desa yang lain. Terima kasih kepada CNBC atas penghargaannya kepada Pemkab Tangerang," ucapnya.


Menurut dia, fokus utama Pemkab Tangerang adalah pembangunan infrastruktur dan ekonomi di wilayah pesisir. Salah satunya di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.


Kkini kawasan pesisir tersebut telah berkembang menjadi wilayah ekonomi baru serta ramah ekosistem laut. Hal ini berkat berhasilnya program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan). 


Program ini fokus pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir dan juga penataan pemukiman, mulai dari bangunan, sanitasi hingga infrastruktur. Bahkan desa nelayan tersebut juga menjadi percontohan nasional dan internasional untuk pembangunan daerah pesisir.


Faktor utama keberhasilan pembangunan ini adalah penanaman hutan mangrove yang membuat kualitas air semakin baik dan produktif untuk tambak ikan dan udang. Bahkan selama 30 tahun terakhir abrasi yang terjadi di pesisir Kabupaten Tangerang bisa diminimalisir dengan penanaman hutan mangrove tersebut, serta berhasil menghentikan banjir rob yang kerap terjadi.


"Bisa kita lihat pembangunan secara integrasi, ketika mangrove tumbuh itu memperbaiki kualitas lingkungan dan air. Ini menjadi percontohan," terang Bupati Zaki.


Tidak hanya Desa Ketapang yang dilakukan pembenahan. Akan ada empat desa lagi yang menjadi fokus pembangunan desa pesisir di Kabupaten Tangerang, yaitu Desa Kronjo, Surya Bahari, Tanjung Pasir, dan Marga Mulya yang dibangun menyesuaikan kebutuhan masing-masing wilayah.


(Hms/Rls) 

×
Berita Terbaru Update