Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

 



Kegiatan MPLS SMAN 27 Kabupaten Tangerang, Diisi Kegiatan Seru dan Menarik

Kamis, Juli 14, 2022 | 18:23 WIB Last Updated 2022-07-14T11:26:42Z

 

Kegiatan MPLS SMAN 27 Kabupaten Tangerang, Diisi Kegiatan Seru dan Menarik.

Kabupaten Tangerang - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2022/2023 atau yang pada jaman sebelumnya dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) diyakini akan menyuguhkan aksi-aksi Seru dan Menarik. 


Demikian pula yang dilaksanakan di SMAN 27 Kabupaten Tangerang, dan Menyambut peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023, pihaknya menggelar serangkaian acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama beberapa hari serta diisi dengan kegiatan yang seru dan menarik, yang dilaksanakan di halaman SMAN 27 Kabupaten Tangerang, Jalan Raya Cisoka - Taman Adiyasa No. 19 Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang 15730. Kamis (14/7/2022).

 

Panitia penyelenggara MPLS SMA Negeri 27 Kabupaten Tangerang ialah panitia guru yang juga dibantu oleh para siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). 


Salah seorang pengurus OSIS SMA Negeri 27 Kabupaten Tangerang yang juga menjadi Panitia MPLS, Sekaligus Ketua Osis SMAN 27 Kabupaten Tangerang, Rizni Ilman menegaskan, panitia akan bersinergi menyukseskan gelaran MPLS nanti. Bukan dengan perpeloncoan atau aksi-aksi yang menyusahkan para peserta didik baru, melainkan kegiatan seru, menarik dan berkesan.


“Saya yakin MPLS di SMAN 27 Kabupaten Tangerang tahun 2022/2023 ini akan asik, seru dan pasti berkesan baik untuk adik-adik peserta MPLS,” tuturnya kepada awak media.


Diceritakan, sejak beberapa tahun lalu aksi perpeloncoan tak pernah ada di SMA Negeri 27 Kabupaten Tangerang, Masa orientasi siswa senantiasa diisi dengan kegiatan positif yang mengajak para peserta didik baru mengenali lingkungan sekolah. Tak hanya kegiatan di dalam ruang, kegiatan outing class juga akan mewarnai MPLS tahun ini.


“InsyaAllah untuk tahun ini juga demikian, acara MPLS akan ada materi dari guru-guru, kemudian juga ada materi terkait NKRI Harga Mati oleh Danramil Cisoka, dan tentunya kegiatan seru-seruan dari panitia OSIS,”ujarnya.


Dirinya menambahkan, pihaknya juga akan menggelar acara inagurasi berisi pentas seni hasil kreasi para peserta didik baru. 


“Jadi nanti kita di hari ketiga ada inagurasi. Nanti adik-adik perkelas akan menampilkan pentas seni hasil kerjasama antar kelas. Kemudian di hari nantinya akan ditampilkan dihadapan semua dewan guru dan para peserta MPLS yang baru,” sambungnya.


Ditempat yang Sama Kepala SMAN 27 Kabupaten Tangerang Joni Restono M.Pd menambahkan, Para panitia sengaja mengisi kegiatan MPLS dengan kegiatan-kegiatan menarik yang tentu akan memberi manfaat kepada para peserta didik baru dalam menjalani masa studinya di SMA Negeri 27 Kabupaten Tangerang.


“Saya berharap MPLS tahun ini bisa menjadi contoh baik di tahun-tahun berikutnya, selama dua tahun pandemi covid-19, tentunya seluruh peserta didik baru sangat merindukan MPLS, dan panitia juga masih menjunjung tinggi prtokol kesehatan," pungkasnya.


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau dikenal dengan singkat (MPLS) ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sekolah untuk menyambut kedatangan peserta didik baru. MPLS ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik baru melakukan kegiatan perkenalan baik antar siswa maupun guru.


"Dalam kegiatan MPLS ini anak-anak peserta didik baru akan mendapatkan pengetahuan tentang kondisi lingkungan sekolah, diantaranya tata tertib dan mata pelajaran yang kelak akan didapat di sekolah nanti," ucapnya.


Program MPLS ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu menciptakan anak didik baru yang mempunyai sikap ucapan, perilaku sopan santun, tata krama dan penampilannya.


“Terlebih Kami menciptakan mudir-murid yang diharapkan oleh Bangsa Indonesia, yaitu tidak hanya pintar secara akademi, tetapi juga memiliki adab dan akhlak yang mulia,”katanya.


Sementara itu, Ketua Pelaksana MPLS SMAN 27 Kabupaten Tangerang Tasiman M.Pd menjelaskan, Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk membentuk karakter dan pengenalan lingkungan sekolah, baik dalam tata tertib, budaya atau sistemnya. 


Permainan saat kegiatan MPLS merupakan bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kekompakan dengan teman baru. tujuannya agar menumbuhkan minta siswa/siswi baru untuk terus giat belajar.


"Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) adalah event rutin yang diadakan di berbagai lembaga pendidikan dan dilaksanakan setiap tahun,

MPLS ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada para calon peserta didik baru dan menjadi cara adaptasi yang seru serta berkesan," ujarnya.


"MPLS merupakan salah satu bentuk edukasi kepada siswa-siswi baru tentang lingkungan sekolah agar anak-anak bisa lebih mengenal lingkungan sekolah. Kami berharap dengan adanya MPLS ini bisa meningkatkan kualitas peserta didik yang cerdas dan gemilang,”harapnya.


Kegiatan MPLS ini juga bertujuan agar para peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Kegiatan MPLS biasanya dilakukan selama 3-4 hari dan terdiri dari beberapa agenda yang sangat seru dan mengasyikkan.


"Salah satu agenda yang dapat disuguhkan dalam kegiatan MPLS SMAN 27 kabupaten Tangerang ini adalah dengan memberikan games seru kepada peserta didik baru, agar bisa mengenal banyak tentang lingkungan sekolah khususnya SMAN 27 Kabupaten Tangerang,"pungkasnya.


(rls/hin) 

×
Berita Terbaru Update