Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Desa Kampung Melayu Barat dan tiga Desa di Kabupaten Tangerang naik status dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri

Sabtu, Juli 16, 2022 | 13:09 WIB Last Updated 2022-07-16T06:11:13Z
Desa Kampung Melayu Barat dan tiga Desa di Kabupaten Tangerang naik status dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri


Kabupaten Tangerang - Desa Kampung Melayu Barat dan Tiga Desa di Kabupaten Tangerang naik status dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri pada tahun 2022. 


Keempat Desa tersebut diantaranya, Desa Kampung Melayu Barat Kecamatan Teluknaga, Desa Bitung Jaya kecamatan Cikupa, Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan dan Desa Cibadak.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana, S.STP mengatakan, bahwa berdasarkan Indeks Desa Mandiri (IDM) 2021 ke IDM 2022 tercatat ada 4 Desa yang statusnya naik menjadi desa mandiri. Bahkan diketahui 4 desa tersebut sudah memenuhi target RPJMD tahun 2023.


“Alhamdulillah di tahun 2022 ada 4 desa yang naik statusnya menjadi desa mandiri,” kata Dadan Gandana kepada pers, Jumat (15/07/2022).


Diungkapkan Dadan, desa mandiri memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk mensejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi/lingkungan yang berkelanjutan.


“Barometer desa maju menjadi desa mandiri dinilai dari beberapa aspek, diantaranya ketersediaan sarana pendidikan, ketersediaan sarana kesehatan dan kebencanaan,”ujarnya.


Menurutnya, dengan meningkatnya status desa tersebut, kedepan secara otomatis pemerintah akan menambahkan anggaran untuk desa-desa tersebut sesuai ketentuan Kementrian Desa (Kemendes).


“Bagi pemerintah desanya sendiri akan ditambah anggaran-anggaran sesuai perhitungan Kemendes,”jelasnya.


Pihaknya juga berharap, desa-desa yang ada di Kabupaten Tangerang bisa mengikuti tahapan-tahapan yang sudah pihaknya tentukan sesuai angka IDM.


“Kita akan tingkatkan juga status desa yang masih berstatus berkembang menjadi desa maju, tinggal kita push disisi perencanaanya saja,”pungkasnya.


(rls/hin) 

×
Berita Terbaru Update