Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Berapa Besaran Bayar Zakat Fitrah 2022 di Kabupaten Tangerang? Baznas Beri Keterangan

Rabu, April 20, 2022 | 10:30 WIB Last Updated 2022-04-21T11:17:48Z
MUI Kabupaten Tangerang telah ditetapkan besaran zakat fitrah di Kabupaten Tangerang tahun 2022, sebesar Rp. 35 ribu rupiah atau beras sebanyak 3 liter penuh


Kabupaten Tangerang - Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri. 


Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang telah menetapkan besaran zakat fitrah tahun 2022. Besaran zakat fitrah tersebut telah di tetapkan dalam rapat koordinasi bersama kementerian Agama dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang.


Ketua Baznas Kabupaten Tangerang, H. Achmad Nawawi mengatakan, bahwa hasil rapat koordinasi bersama kementrian Agama dan MUI Kabupaten Tangerang telah ditetapkan besaran zakat fitrah di Kabupaten Tangerang tahun 2022, sebesar Rp. 35 ribu rupiah atau beras sebanyak 3 liter penuh.


Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang kami lakukan dengan kemenag dan MUI kabupaten Tangerang maka di tetapkan zakat fitrah jika memakai uang sebesar Rp 35 ribu rupiah dan jika menggunakan beras seberat 3,5 kilo gram atau setara dengan 3 liter ukuran penuh,” katanya kepada wartawan, Selasa (19/4/2022).


Dia juga mengaku pihaknya telah membuat kupon untuk penerimaan zakat fitrah tahun 2022 yang sudah di sebar kesetiap unit pengumpul zakat (UPZ), ia juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat membayarkan zakat untuk satu orang dalam setiap keluarga kepada UPZ yang ada di 29 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang.


“Pembayaran zakat fitrah dapat di lakukan setelah sehari memasuki waktu qunut atau 15 hari puasa ramadhan atau waktu terbaiknya tepat sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri di mulai,” ungkapnya.


Selain zakat fitrah, Baznas Kabupaten Tangerang juga menerima pembayaran nisab dan zakat mal yang hasil pengumpulan zakatnya akan di bagikan langsung kepada fakir miskin,Pengurus Masjid dan Mustahik yang berada di sekitar pengumpul zakat.


“Kemudian 25,5 persennya lagi akan di setorkan dan di kumpulkan kepada Baznas untuk dibagikan kepada Riqab, Ibnu Sabil, Mualaf dan Mustahik atau maaf jika ada Gharmin,” pungkasnya.


(rls/hin) 

×
Berita Terbaru Update