Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

 



RSUD Kota Tangerang gelar Webinar Nasional tentang Kanker Payudara dan Serviks

Minggu, Februari 27, 2022 | 20:32 WIB Last Updated 2022-02-27T13:32:51Z
HUT Kota Tangerang Ke-29 dan Hari Kanker Sedunia serta menyambut HUT RSUD Kota Tangerang  Ke-8. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang menggelar acara webinar skala nasional


Kota Tangerang - Dalam rangka merayakan HUT Kota Tangerang Ke-29 dan Hari Kanker Sedunia serta menyambut HUT RSUD Kota Tangerang  Ke-8. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang menggelar acara webinar skala nasional bertajuk "Benarkah Kanker Tak Bergejala?Yuk, Kenali dan Deteksi Sejak Dini Kanker payudara dan Kanker Serviks!" melalui Platform Zoom dan Youtube streaming Kamis ( 24/2/2022).


Ketua pelaksana kegiatan RSUD KotaTangerang  dr. Puja Ratnasari Putri didampingi Humas RSUD drg. Fika S Khayan MARS, dalam keterangan persnya mengatakan, bahwa webinar yang digelar tersebut berisi tentang informasi dan pengetahuan terkait Kanker Payudara, Kanker Serviks serta dukungan psikososial bagi penyintas kanker dan keluarga. 


"Kegiatan Webinar ini diadakan selain bertepatan dengan Perayaan HUT Kota Tangerang ke-29 dan Hari Kanker Sedunia serta dalam menyambut HUT RSUD Kota Tangerang Ke-8. 


Jadi webinar ini berisi informasi dan pengetahuan tentang deteksi dini kanker, khususnya Kanker Payudara dan Kanker Serviks" ujar Puja usai webinar berlangsung.


dr. Puja berharap dengan webinar tersebut akan meningkatkan pengetahuan peserta webinar yang diikuti oleh anggota TP.PKK, anggota Dharma Wanita Persatuan dan Anggota Bhayangkari se-Indonesia serta masyarakat umum. 


Tak hanya itu dengan webinar ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran peserta untuk melakukan pemeriksaan skrining secara berkala. 


Mengenalkan dampak psikososial akibat penyakit kanker itu sendiri  sehingga peserta dapat memberikan dukungan psikososial bagi penderita serta dapat menumbuhkan kesadaran peserta untuk menerapkan hidup sehat dalam menghindari faktor resiko terjadinya Kanker Payudara dan Kanker Serviks. 


"Selain  sebagai langkah untuk pengenalan kanker sejak dini  webinar ini diharapakan bisa membantu pemerintah Kota Tangerang dalam menyusun rencana strategi pelayanan kesehatan  terkait Kanker Payudara dan Kanker Serviks sekaligus mampu memberikan informasi yang tepat terkait penyakit tersebut".Tandasnya.


Diketahui dalam webinar tersebut hadir sebagai nara sumber Dr Abdul Rachman,Sp.B(K)Onk (Ketua PERABOI banten dan Anggota IKABI Banten yang memaparkan tetang Kanker Payudara), Dr.Iwan Kurnia Effendi, Sp,OG(K)Onk (Anggota POGI Banten yang memaparkan tentang Kanker Serviks) serta Jovita Ferliana,MPsi (Psikolog Klinik yang memaparkan dukungan Psikososial bagi penyintas kanker Payudara dan Kanker Serviks).


Sebagai informasi tambahan, dr. Puja juga mengatakan kanker payudara adalah kanker yang terbentuk dari jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya dan biasanya menyerang wanita berusia 50 tahun, riwayat keluarga dan genetik. 


Sementara kanker serviks merupakan keganasan yang berasal dari serviks.Serviks sendiri merupakan  sepertiga bagian bawah terus, berbentuk silindris, menonjol dan berhubungan dengan vagina melalui ovariumteri eksternum. 


"Semoga kegiatan webinar ini sebagai salah satu edukasi kesehatan yang bermanfaat untuk masyarakat, karena kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler,"katanya.


Diakhir wawancara drg. Fika Humas RSUD Kota Tangerang menambahkan, apabila masyarakat yang memiliki keluhan atau ingin memeriksakan kondisi kesehatannya, bisa berobat ke klinik kebidanan dan kandungan, serta klinik bedah RSUD Kota Tangerang, yang memberikan pelayanan setiap hari Senin sampai Sabtu. Kami akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik,"tambahnya.


(Rls) 

×
Berita Terbaru Update