Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Stop BAB Sembarang, Program SRASI bangun 35 Jamban Sehat di Sukadiri

Jumat, September 24, 2021 | 00:55 WIB Last Updated 2021-09-23T17:55:57Z
Stop BAB Sembarang, Program SRASI bangun Jamban Sehat di Sukadiri


Sukadiri - Tingkat pelayanan sanitasi di Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Provinsi Banten yang masih membuang kotorannya secara langsung di lingkungan sekitarnya tanpa akses jamban yang memadai.


Penyebab utama ketidaklayakan sarana sanitasi mereka selain faktor rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengolah limbah cair rumah tangga ke tangki septik, adanya keterbatasan dana untuk membangun jamban sehat di rumahnya masing-masing.


Mereka lebih memilih membuang tinja ke sembarang tempat seperti sungai, sawah, kebun, selokan, lobang galian terbuka dan lain-lain.


Namun efek buruk yang ditimbulkan dari kondisi diatas tidak hanya kepada pribadi yang kurang sadar saja tetapi masyarakat sekitar juga akan terkena dampaknya seperti pencemaran air/sungai, pencemaran tanah dan penyebaran penyakit diare, dll.


Dalam rangka mewujudkan Desa Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan di wilayah Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.


Kami petugas kesehatan lingkungan puskesmas melalui pemberdayaan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sukadiri Bangkit Membangun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Provinsi Banten melakukan kegiatan pembangunan jamban sehat individual melalui program SRASI (Seribu Sarana Sanitasi).


Kegiatan ini diberikan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah di Desa Buaran Jati Kecamatan Sukadiri.


Pembangunan jamban sehat ini diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah di Desa Buaran Jati sebanyak 35 titik.


Bentuk bantuan yang diberikan berupa wc dan kamar mandi secara gratis, tetapi masyarakat membantu proses pembangunan dengan memberikan swadaya berupa memberi makan tukang dan membantu mengangkut material.


Masyarakat sangat berterima kasih dan sangat senang bisa mendapat bantuan jamban sehat ini dan sangat bermanfaat bagi mereka, sekarang sudah punya wc sendiri dan tidak buang air besar sembarangan lagi.


Dukungan dari pihak Desa sangat diharapkan untuk melakukan kegiatan sanitasi untuk kedepannya. Semoga Desa Buaran Jati dapat segera mewujudkan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan.(Rls)

×
Berita Terbaru Update