Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PMI Pinang dan Sahabat Uis Foundation Gelar Donor Darah

Kamis, Juli 15, 2021 | 13:05 WIB Last Updated 2021-07-15T15:05:30Z
PMI Pinang dan Sahabat Uis Foundation Gelar Donor Darah


Kota Tangerang - PMI Kecamatan Pinang Kota Tangerang Provinsi Banten kembali gelar donor darah di Aula Kantor Kecamatan Pinang. Kegiatan yang bekerjasama dengan Sahabat Uis Foundation juga mengimbau agar warga yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID19 agar mendonorkan plasma konvalesen.


Founder Sahabat Uis Foundation, Uis Adi Dermawan mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan bakti sosial yang bertujuan untuk membantu antar sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah.


"Banyak yang belum diketahui juga bahwa donor darah sebenarnya banyak manfaat. Mereka yang mendonorkan darah bermanfaat besar bagi kesehatan seperti mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah dan bagian dari periksa kesehatan,"ungkapnya.


Pria yang juga Ketua KNPI Kota Tangerang ini menargetkan sebanyak-banyaknya pendonor. Saat ini sudah sudah terdaftar sekitar 40 orang, mudah-mudahan terus bertambah.


"Kami juga mengimbau agar masyarakat yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID19 hasil PCR bisa mendonorkan plasma konvalesen. Plasma Konvalesen bisa membantu penyembuhan COVID19 dan bagi pendonor ada kepuasan batin bisa membantu orang lain" tegas Uis didampingi Ketua PMI Pinang, Mumu Rohimu.


Mumu menambahkan, ia mengajak masyarakat untuk tidak ragu mendonorkan darahnya di masa pandemi Covid-19.


“Kami menerapkan protokol kesehatan serta mencoba mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jangan takut donor, meski sedang pandemi. Karena proses donor darah akan tetap aman, sesuai dengan standar Palang Merah Indonesia,” kata Mumu Rohimu disela-sela kegiatan donor darah.


Ia menambahkan, bahwa saat ini terjadi ketimpangan antara kebutuhan darah dan jumlah pendonor yang membuat stok darah di PMI Kota Tangerang menurun terutama sejak pandemi.


“Donor darah sebagai upaya membantu PMI Kota Tangerang dalam memenuhi kebutuhan darah yang semakin hari semakin meningkat, dengan pendonor yang semakin berkurang,” jelasnya.


Sementara, Camat Pinang, Kaonang mengapresiasi kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan PMI Pinang bersama Sahabat Uis Foundation. Donor darah ini memang rutin diselenggarakan di Aula Kecamatan Pinang, baik pegawai, lingkungan maupun masyarakat umum.


"Hari ini plasma penyintas COVID19 juga sangat dibutuhkan, kita arahkan agar bisa mendonorkan kepada yang membutuhkan. Semoga bisa maslahat untuk saudara-saudara kita yang sedang terpapar," tukasnya. (Rls)

×
Berita Terbaru Update