Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Organisasi SOPPAN Regency Santuni Anak Yatim

Selasa, Mei 11, 2021 | 09:44 WIB Last Updated 2021-06-30T13:06:29Z
Organisasi SOPPAN Regency Santuni Anak Yatim


OnlinePantura.com -Tidak sedikit elemen masyarakat di bulan suci Ramadan mengisi kegiatan sosial kemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang dimaksud diantaranya adalah santunan anak yatim. 


Ini dilakukan oleh organisasi solidaritas pemuda Sindang Panon Regency, Perumahan Sindang Panon Regency Rt 005 RW 005, Desa Sindang Panon Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. Santuni anak yatim sebanyak 52 anak.


Dalam kegiatan santunan anak yatim tahun ini dilakukan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni dilakukan dengan cara langsung mendatangi rumah-rumah anak yatim. Mengingat, pemerintah masih memberikan larangan untuk berkumpul-kumpul, karena kondisi saat ini Pandemi Covid-19 belum dinyatakan aman untuk melaksanakan hal tersebut.


Kegiatan santunan anak yatim secara simbolis dilakukan oleh Kepala Desa Sindang Panon, Didik Darmadi, S.Sos, M,Si. Bersama-sama dengan Ketua PKK Desa Sindang Panon Hj Gita Didik Darmadi, Ketua MUI Kecamatan Sindang Jaya, Ustadz Aliyudin, angota BPD Sindang Panon, Heri Prasetiyono, Ketua karang taruna, Awiek Syaripudin, tokoh pemuda, Guru Jamaludin,S.Pd, Tokoh perempuan Guru Rety, S.Pd, Aboutsinjay Yunha, ketua RW 05 Jamal, ketua RT 05 Gunadi, ketua Rt 04 Dani, ketua panitia Yusup Firdaus, humas Hery, bendahara Monica Fadila, Ketua SOPPAN Regency Wijaya Kusuma dan Dewan Pembina SOPPAN Regency H. Muhamad Fahruroji, M.Pd.


"Santunan Tahun ini yang diberikan yakni berupa paket sembako. Tentunya seluruh elemen yang mengikuti kegiatan ini berharap semoga kegiatan sosial yang dilakukan oleh SOPPAN Regency ini bermanfaat. 


Juga menjadi  motivasi para pemuda di wilayah, khususnya di Perumahan Sindang Panon Regency dan yang lainnya dapat melakukan hal yang sama," terang Wempi Ariyanto, panitian kegiatan santunan anak yatim SOPPAN Regency.


Ketua SOPPAN Regency, Wijaya Kusuma mengungkapkan, kegiatan ini merupakan yang ke dua kalinya sejak organisasi berdiri. Kebetulan tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1441 Hijriyah. Menurutnya, organisasi yang bersifat independen ini semua keputusan dari musyawarah bersama anggota dan disetujui oleh dewan pembina SOPPAN Regency.


“Independen artinya mandiri, tidak terikat pihak manapun. Anggaran yang diperoleh pun berasal dari anggota dan swadaya masyarakat. Tentunya tidak mengingkat organisasi, sehingga kami tidak akan terkurung dalam berorganisasi,” jelas Wijaya.


Ia memaparkan, rencana program yang akan dilaksanakan jangka pendek maupun jangka panjang diantaranya santunan sembako untuk anak yatim setiap bulan Ramadan di lingkungan Perum Sindang Panon Regency dan sekitarnya. 


Serta Santunan hadiah alat tulis  naik kelas bagi anak yatim. Selain itu, kata Wijaya, SOPPAN Regency juga dalam waktu dekat berencana melakukan kegiatan penyuluan narkoba dengan mengundang Badan Narkotika Nasional (BNK) dan Polres Kabupaten Tangerang. Juga merencanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan penyuluhan Bela Negara dari TNI. Kegiatan olahraga serta kegiatan sosial kemasyarakatan yang lainnya. 


“Kegiatan SOPPAN Regenci lebih kepada kegiatan sosial, kepemudaan dan juga bela negara. Keberadaan SOPPAN Regency akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat,” terang Wijaya.


Kepala Desa Sindangpanon Didik Darmadi, S.sos, M.Si memberikan motivasi dan apresiasi positif terhadap kegiatan yang dilakukan oleh SOPPAN Regency. 


Ia bangga organisasi yang di motori oleh para pemuda ini mampu memberikan kontribusi yang positif bagi Masyarakat. "Sangat mendukung, karena ada warga saya yang melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan, apalagi santunaan anak yatim untuk saling  berbagi kepada sesama,"ungkap Didik.


Di tempat terpisah Ketua Dewan Pembina SOPPAN Regency H Muhamad Fahruroji, M.Pd, menambahkan, bantuan yang diperuntukan untuk anak yatim ini berasal dari donasi seluruh anggota SOPPAN Regency dan para  donatur lainnya yang tak terikat. Tentunya yang peduli terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan ini.


"Bantuan tersebut diserahkan dari donasi anggota SOPPAN Regency dan dari donatur lain lalu dikumpulkan untuk dibagikan kepada anak yatim. Dengan tujuan utamanya adalah dapat mengurangi beban hidup warga yang kurang mampu yang terdampak Covid-19,”jelas H Muhamad Fahruroji yang akrab di sapa H Fahru.


Tentunya dari kegiatan ini mendapat respon positif dan warga pun sangat antusias menerimanya, serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-beearnya kepada  SOPPAN Regency. Telah ikhlas menyisihkan sedikit rizqinya untuk kegiatan santunan anak yatim. 


Semoga amal bapak dan ibu/saudara/i donatur di lipat gandakan dan di berikan kemudahan dalam usaha, di berikan kesehatan panjang umur dan di kabulkan cita-citanya, amin.


Dalam kesempatan ini H Muhamad Fahruroji juga menyempatkan firi untuk menyampaikan kepada warga agar tetap berdiam diri di rumah. Ketika terpaksa harus keluar rumah harus menggunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan membiasakan untuk mencuci tangan. Selain itu, diminta untuk menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh warga tidak mudah diserang Covid-19.(One) 

×
Berita Terbaru Update