Prihatin, Luas Desa 620 Hektar Namun Tidak Ada Gedung SMP dan SMA


OnlinePantura.com - Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang merupakan desa terluas diantara 7 desa yang ada di wilayah Kecamatan tersebut. Desa ini mempunyai luas mencapai kurang lebih 450 hektar dengan jumlah penduduk mencapai 30 ribu jiwa lebih dan yang terbagi dalam 10 ribu Kepala Keluarga (KK).

Namun yang sangat disayangkan, di desa tersebut hanya terdapat 7 gedung sekolah tingkat dasar. Diantaranya, SDN Lebak Wangi 1, SDN Bayur Lele 2, 4 gedung Madrasah dan 1 Madrasah Tsanawiyah Nujulul Khoir.

Sedangkan sekolah tingkat pertama dan tingkat atas berada di luar desa. Sehingga usai lulus SD, anak-anak warga desa setempat melanjutkan pendidikan sekolah yang ada di luar desa.

Dengan kondisi belum adanya gedung sekolah Kepala Desa Lebak Wangi, Nesin mengaku sedih. Selama menjabat, Nesin akan trerus minta kepada pemerintah agar didesanya terdapat gedung sekolah tingkat pertama dan tingkat atas. "Wilayah luas tapi tidak ada SMP dan SMA Negeri," ungkapnya.

Sekretaris desa (Sekdes) Lebak Wangi, Subur membenarkan, bahwa di Lebak Wangi tidak ada SMP dan SMA. Setelah lulus SD melanjutkan sekolah di jenjang berikutnya yang lokasinya di luar Desa Lebak Wangi. Jaraknya jauh dan tentunya berangkat sekolah menggunakan kendaraan sepeda atau sepeda motor.

Menurut Subur, jika di Lebak Wangi terdapat gedung SMP dan SMA minimal dapat meringankan beban para wali murid. Sampai di sekolah bisa jalan kaki atau menggunakan sepeda. Sehingga, dapat meringankan beban wali murid tidak memberikan ongkos besar kepada anak-anaknya.

"Saya berharap, pemerintah dapat mewujudkan impian warga Lebak Wangi dengan membangun gedung SMP dan SMA. Karena matapencaharian warga tidak semuanya mampu," ungkap Subur. (One) 

Tidak ada komentar