Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Peringati Harganas, Camat Monitoring KB di Puskesmas Kemiri

Senin, Juni 29, 2020 | 13:18 WIB Last Updated 2020-06-29T06:19:24Z

OnlinePantura.com - Camat Kemiri, Kabupaten Tangerang Yati Nurulhayat lakukan monitoring Keluarga Berencana di Puskesmas Kemiri, Senin, 29 Juni 2020. Diketahui, kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 yang jatuh pada 29 Juni.

Yati Nurulhayat mengatakan, ajang ini adalah untuk menggelorakan dan mensosialisasikan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni.

Harganas dimaksudkan untuk kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.


Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan, serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Secara garis besar, peringatan Harganas ke XXVII memiliki tujuan umum dalam meningkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal. Diantaranya yang meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta lingkungan.

Hari Keluarga Nasional ke XXVII, tahun 2020 ini erat kaitannya dengan penerapan empat pendekatan terhadap ketahanan keluarga. Diantaranya keluarga berkumpul (dengan meluangkan waktu antarkeluarga tanpa disibukkan dengan gawai, televisi, atau alat elektronik lainnya), keluarga berinteraksi (dimana semua anggota keluarga meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama), keluarga berdaya (dimana semua anggota keluarga dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk tidak bergantung pada pihak lain), serta keluarga peduli dan berbagi (suatu kegiatan dimana keluarga yang lebih mampu memiliki kepedulian untuk berbagi kepada orang lain). (One
×
Berita Terbaru Update