Warga Mauk Timur Gotong Royong Bersihkan Sampah Di Saluran Irigasi


onlinepantura.com MAUK - Kemarau panjang ternyata berdampak serius pada pengairan di sejumlah lahan pesawahan petani di Kabupaten Tangerang. Dalam kesempatan ini warga Kelurahan Mauk Timur, Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang melaksanakan gotong royong serentak bersihkan sampah di sejumlah saluran irigasi.

Seperti yang disampaikan Lurah Mauk Timur Kholid Mawardi, informasi yang ia diterima dari warga khususnya petani sudah selama satu tahun ini,lahan sawahnya kekurangan air. Ketika kondisi alam itu terjadi, maka pihaknya melakukan gotong royong secara serentak membersihkan saluran irigasi.

Pemerintah Kelurahan bersama warga gotong royong mengangkut sampah di saluran irigasi ini dilakukan selama dua hari di Rt 05 sampai Rt 10. Dengan harapan di saat musim hujan tiba, air dapat mengalir lancar dan langsung mengairi sejumlah lahan pesawahan.

Selain mengangkat sampah, dalam kegiatan gotong royong juga mengangkat koral, lumpur dan pasir. Karena ketiga jenis itu juga bisa menjadi penyebab saat debit air tinggi tidak mengalir lancar dan bahkan bisa menyebabkan banjir.

"Harapannya agar air dapat mengalir lancar langsung masuk ke lahan pesawahan petani dan selain itu juga mengantisipasi terjadinya banjir," jelasnya.

(Red/Wan) 

Tidak ada komentar