Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pesan Pembina JTR : Pewarta Harus Lebih Profesional Dalam Pemberitaan

Minggu, Juni 30, 2019 | 11:07 WIB Last Updated 2019-06-30T04:07:09Z


OnlinePantura.com KOTA TANGERANG - Itulah pesan yang disampaikan Purwanto yang akrab disapa Wanto, dalam sebuah acara halal bihalal Keluarga Besar Himpunan Jurnalis Tangerang Raya (JTR) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Tangerang di Pakons Prime Hotel Kota Tangerang, Sabtu (29/6/2019).

Menurutnya, "Pewarta harus lebih profesional dalam penulisan berita. Kita sebagai penulis/pewarta harus lebih profesional dalam penulisan berita, apa yang kita lihat, dengar itulah sumber berita yang harus ditulis," ujarnya.

Bukan hanya itu, Wanto pun mengajak para insan pers Bersama-sama membangun kinerja Jurnalis untuk terus meningkatkan kemampuan untuk mengolah pemberitaan lebih baik lagi terutama dari segi penulisannya.

Ia juga tak segan untuk mengkritik atau menegur para anggota JTR yang dibinanya selama ini, agar terbentuk Jurnalis yang profesional dalam bidang kejurnalisan.

"Mari kita sama - sama membangun kinerja lebih baik dalam penulisan dalam pemberitaan, karena JTR adalah organ taktis PWI,"tandasnya.

Sementara, Suhatma selaku Pengurus PWI Provinsi Banten menyampaikan, Selain memahami apa yang ditulis para Jurnalis tidak mengenyampingkan apa yang dijadikan pegangannya.


Para Jurnalis harus selalu berpegang teguh pada kode etik Jurnalistik serta menaati segala aturan dewan pers.

"Jurnalis harus paham dalam penulisan berita sesuai 5W1H dan kode etik jurnalistik harus ditaati sesuai arahan Dewan Pers,"ungkapnya.

Humas Pemkot Tangerang Felik Mulyawan menuturkan, Bukan hanya kecepatan dalam menayangkan pemberitaan namun perlu di kroscek terlebih dahulu. Pentingnya seorang Jurnalis mengetahui informasi yang sudah diperoleh sesuai fakta yang ada.

"Jurnalis tak hanya dikejar tenggat tayang, tapi harus sesuai fakta di lapangan."

Wartawan tidak mengenal tanggal hitam, maka dari itu kita tak bisa mengabaikan peranan wartawan, dia mengingatkan agar dalam menjalankan tugas kewartawanan jangan sampai melupakan keluarga.

“Tugas wartawan sama halnya seperti Humas yang tidak mengenal waktu. Semua semangat deh melayani masyarakat. Pemerintah pun begitu, yang tidak bisa jumawa pada sekarang,”pungkasnya.

Untuk diketahui, Halal Bihalal tersebut, dihadiri oleh Ketua JTR merangkap Ketua SMSI Kota Tangerang Ayu Kartini, Dewan Pembina JTR Herwanto (Wanto), Pengurus PWI Provinsi Banten Suhatma Rafindo, Kabag Humas Pemkot Tangerang Felix, Kasubag Humas Kompol Abdul Rochim, para anggota JTR, dan para anggota SMSI Kota Tangerang.

Adi

×
Berita Terbaru Update