Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Manfaat Buah untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Jumat, Juni 21, 2019 | 11:12 WIB Last Updated 2020-05-21T05:48:46Z

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Umumnya, semua buah mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat manfaat buah untuk kesehatan tidak diragukan lagi. 

Kandungan nutrisinya menjaga tubuh tetap sehat, juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat kimia yang masuk dan menyebabkan gangguan.
Adapun kandungan nutrisi yang ada pada buah antara lain:

Vitamin dan mineral, seperti vitamin c
, asam folat, kalium, vitamin A (beta karoten), vitamin E, magnesium, zinc, danAir dan antioksidan dan fitonutrien, yang juga memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Pentingnya Mengonsumsi Buah Setiap Hari

Buah-buahan diketahui memiliki kadar lemak dan gula yang rendah, buah juga sumber serat terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. 

Mengonsumsi buah-buahan setiap hari merupakan cara diet yang baik, selain juga dapat menunjang gaya hidup sehat. 

Berikut beberapa manfaat buah bagi kesehatan tubuh:

Mencegah obesitas dan menjaga berat badan yang ideal.Menurunkan kadar kolesterol.Menurunkan tekanan darah.Menurunkan risiko penyakit, seperti diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker dan hipertensi.

Kandungan serat pada buah membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan, katarak, dan degenerasi makula. 

Porsi Makan Buah yang Direkomendasikan WHO

Agar mendapatkan manfaat buah untuk kesehatan secara maksimal, konsumsilah buah-buahan dalam porsi yang benar. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan 5 porsi atau sekitar 400 gram buah dan sayuran setiap hari. 

Dengan mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan juga kanker.

Untuk mempermudah Anda dalam penyajiannya, satu porsi buah setara dengan:

Satu buah berukuran besar, seperti apel, pear, pisang, jeruk atau satu potong besar melon.Dua buah berukuran kecil, seperti plum dan kiwi. 
Satu cangkir atau 100 gram buah
Anggur, stroberi, rasberi, atau buah ceri.

Dua sendok makan salad buah, atau pun buah kalengan.Satu sendok makan buah kering.Satu gelas (150 ml) jus buah segar.

Anda bisa mengonsumsinya dalam berbagai jenis, seperti dalam bentuk segar, beku, kalengan, kering, atau dalam bentuk jus. Pasalnya, tidak ada satu jenis buah atau sayuran yang mengandung semua nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran yang berbeda setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kombinasi nutrisi yang berbeda dari setiap buah dan sayuran yang dikonsumsi.***

×
Berita Terbaru Update