Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Kecamatan Pakuhaji dapatkan sosialisasi Permodalan UMKM

Jumat, Januari 18, 2019 | 12:14 WIB Last Updated 2019-07-05T04:40:42Z

OnlinePantura.com PAKUHAJI - Peningkatan ekonomi menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Tangerang. Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyiapkan dana bergulir untuk modal pelaku usaha kecil menengah bagi masyarakat.

Demikian disampaikan dalam sosialisasi informasi permodalan koperasi dan usaha Mikro Kabupaten Tangerang  oleh Unit Pelayanan Terpadu (UPT)- Unit Pelayanan Dana Bergulir (UPDB) Dinas Koperasi dan UMKM di Sekretaris Bersama Kecamatan Pakuhaji pada Jum'at 18 Januari 2019.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Perwakilan Dinas Dinas Koperasi dan UMKM, Sekretaris Camat, Kasi Pemberdayaan Kecamatan Pakuhaji dan warga.

Yandri Permana Sekretaris Camat Pakuhaji pada sambutannya mengatakan, program dana bergulir sangat berguna bagi masyarakat yang memiliki usaha. Dengan permodalan ini para pelaku usaha kecil menengah dapat mengembangkan usaha menjadi lebih maju.

“Untuk wilayah Kecamatan Pakuhaji masih banyak masyarakat yang memiliki usaha. Dan itu merupakan usaha kecil menengah yang pasti para pemilik usaha tersebut terkendali dalam permodalan,”ungkapnya.

Ia juga berharap, melalui pinjaman yang digulirkan dengan bunga pinjaman sedikit, tidak memberatkan masyarakat sehingga dapat bermanfaat baik guna pengembangan usaha yang sedang dikembangkannya.

“Semoga dana bergulir ini dapat sangat membantu bagi mereka (pelaku usaha lecil menengah). Sehingga, berharap ekonomi setempat menjadi dinamis dan maju,”harapnya.

Demikian halnya disampaikan Tri Samiarto, Kabag Tata Usaha Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) Dinas Koperasi dan UMKM, bahwa tujuan dari program pemberian pinjaman adalah seperti menjamin terpenuhinya pelayanan penyaluran dana bergulir untuk perkuatan modal bagi koperasi, usaha mikro kecil menengah dan usaha lainnya untuk masyarakat.

“Untuk itu, kami selalu memberi pendampingan bagi mereka, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi akses permodalan bagi koperasi dan UMKM,”tuturnya.

Dia juga menjelaskan, dalam proses pinjaman tersebut masyarakat harus menyiapkan persyaratan yang ditentukan dan nantinya dana itu harus dikembalikan dan akan digulirkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, karena ini anggaran pemerintah bukan swasta.

“Untuk masyarakat yang akan melakukan usulan pihak pinjaman nantinya harus melalui proses pengisian data, salah satunya identitas dan jenis usahanya berada di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Untuk itulah melalui pemerintah memberikan pinjaman bergulir dengan bunga pengembalian yang tidak tinggi,” lanjutnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bagi koperasi dan pelaku usaha mikro dan dapat lebih maju dan berkembang dalam semua jenis usahanya.

Jamal/solihin

×
Berita Terbaru Update