Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ternyata Tahun Baru Imlek seringkali di kaitkan dengan Shio

Sabtu, Februari 10, 2024 | 12:31 WIB Last Updated 2024-02-10T05:33:28Z

 

Ternyata Tahun Baru Imlek seringkali di kaitkan dengan Shio

Jogja - Perayaan Tahun Baru Imlek sering kali dikaitkan dengan shio atau ramalan dengan berbagai simbol hewan yang mewakili tahun-tahun dalam kalender China. Lantas, Imlek 2024 tahun apa? Berikut ini penjelasan mengenai shio apa yang melambangkan Tahun Baru Imlek 2024.


Mengutip laman Daily Mail, zodiak China yang juga dikenal sebagai shengxiao memiliki arti "lahir menyerupai". Di Indonesia, hal itu biasa disebut sebagai shio. 


Pada dasarnya, zodiak China atau shio adalah siklus yang berulang setiap 12 tahun, di mana setiap tahunnya diwakili oleh hewan yang berbeda.


Konon, pada zaman dulu, kaisar Tiongkok pernah mengadakan perlombaan untuk menentukan hewan beruntung yang akan ditambahkan ke dalam kalender lunar.


Sebagai informasi, tikus menjadi pemenang pertama yang memulai siklus 12 tahun, diikuti oleh kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.


Imlek 2024 Tahun Apa?

Mengutip laman The University of Sydney, urutan lambang hewan dalam shio berlaku secara tetap. Siklus tersebut dimulai dari kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, Kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Nah, sebagai informasi, Tahun Baru Imlek 2024 adalah shio naga yang menjadi siklus kelima.


Selain berdasarkan pada elemen hewan di atas, tahun baru dalam kalender China juga ditentukan berdasarkan elemen tertentu yang berkaitan dengan tahun-tahun tertentu. Dijelaskan bahwa Tahun Naga ini berkaitan dengan elemen kayu.


Merujuk pada penjelasan di atas, Tahun Baru Imlek 2024 yang akan jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024 akan menandai dimulainya Tahun Naga Kayu.


Lebih lanjut, dalam laman China Highlights dijelaskan bahwa terdapat ramalan shio Naga yang mungkin dapat dijadikan sebagai acuan.(**)

×
Berita Terbaru Update