×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, Februari 11, 2024 | 08:53 WIB Last Updated 2024-02-11T01:54:48Z
Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat daun Pepaya Jepang bagi kesehatan tubuh sudah lama dikenal oleh masyarakat Amerika Latin. Tanaman ini memiliki manfaat yang beragam, seperti mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, dan menguatkan tulang.

Daun pepaya jepang kaya akan beragam nutrisi penting seperti, karbohidrat, protein, serat, lemak, kalium, zinc, kalsium,  vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, daun pepaya jepang juga mengandung beberapa senyawa antioksidan, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid.


Dengan beragam kandungan tersebut, tentunya tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Beberapa manfaat daun pepaya jepang antara lain:


1. Mencegah sembelit

Sebagai makanan yang tinggi serat, daun pepaya jepang bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan. Asupan serat ini baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Serat sangat bermanfaat untuk membuat tinja lebih padat dan lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan saat buang air besar.


2. Mengontrol tekanan darah

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, daun pepaya jepang dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat daun pepaya jepang dalam menurunkan tekanan darah diperoleh dari kandungan kaliumnya.


Kandungan kalium pada daun pepaya jepang dapat menurunkan kadar natrium yang memicu tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah lebih kendur sehingga aliran darah lancar dan tekanan darah pun terkontrol.


3. Memperkuat imunitas tubuh

Berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi, daun pepaya jepang memiliki manfaat yang besar untuk memperkuat imunitas tubuh. Dengan sistem imun tubuh yang kuat, Anda akan lebih jarang sakit karena tubuh lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit, termasuk virus influenza.


4. Mencegah kanker

Mengonsumsi daun pepaya jepang juga dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Manfaat daun pepaya jepang untuk mencegah kanker diperoleh dari senyawa antioksidan, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker.


5. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kekurangan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi salah satu komponen sel darah merah, yakni hemoglobin.


Jadi, dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi secara rutin, seperti daun pepaya jepang, Anda dapat terhindar dari anemia.


6. Mencegah diabetes

Manfaat daun pepaya jepang untuk mencegah diabetes sudah lumayan dikenal oleh masyarakat. Berdasarkan beberapa penelitian, daun pepaya jepang memang berpotensi untuk menurunkan gula darah berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.


Senyawa antioksidan tersebut dapat mendukung efektivitas hormon insulin sehingga tubuh lebih mudah mengontrol kadar gula darah.


7. Mencegah penyakit Alzheimer

Kandungan antioksidan pada daun pepaya jepang juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer. Penyakit yang menyerang otak ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan daya ingat, sulit berkomunikasi, dan perubahan perilaku.


Kandungan antioksidan pada daun pepaya jepang dapat melindungi sel otak dari serangan radikal bebas yang dapat memicu penyakit Alzheimer.


8. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun pepaya jepang lain yang tak kalah penting adalah untuk kesehatan mata. Tanaman ini kaya akan vitamin A dan antioksidan yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan mata. Tubuh membutuhkan vitamin A untuk membuat pigmen agar retina berfungsi dengan baik.


Selain itu, makanan yang mengandung vitamin A dan antioksidan juga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula.


9. Menjaga kesehatan tulang

Selain brokoli, kale, dan bayam, Anda dapat mengonsumsi daun pepaya jepang sebagai alternatif sayuran yang tinggi kalsium. Kandungan kalsium yang tinggi pada daun pepaya jepang memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.


10. Meningkatkan massa otot

Manfaat daun pepaya jepang lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah untuk meningkatkan massa otot, tentunya jika diikuti dengan olahraga jenis latihan beban. Khasiat ini bisa Anda peroleh karena daun pepaya jepang mengandung protein yang tinggi. Protein memiliki peran yang sangat penting dalam memperbaiki dan membentuk jaringan otot.


Itulah beberapa manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan tubuh. Namun, untuk mendapatkan manfaat tanaman ini, Anda harus mengolah daun pepaya jepang dengan benar. Dalam kondisi mentah, tanaman ini mengandung zat mirip sianida yang beracun dan berbahaya jika dikonsumsi.


Untuk menghilangkan senyawa berbahaya ini, Anda dapat mencuci dan kemudian merebus daun pepaya jepang selama 10–15 menit terlebih dahulu.


Jika Anda membutuhkan informasi lebih banyak terkait manfaat daun pepaya jepang atau ragu mengonsumsinya karena memiliki masalah kesehatan tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.


Berkonsultasi dengan dokter akan membantu untuk mendapatkan informasi dan saran konsumsi daun papaya jepang yang sesuai dengan kondisi Anda.

(sumber: www.alodokter.com)

×
Berita Terbaru Update