Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kesbangpol Minta Pengurus Parpol tingkat Kecamatan Ikut Kuatkan Kesadaran Politik Rakyat

Kamis, November 16, 2023 | 16:13 WIB Last Updated 2023-11-16T09:15:35Z
Kesbangpol Minta Pengurus Parpol tingkat Kecamatan Ikut Kuatkan Kesadaran Politik Rakyat


Kabupaten Tangerang - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang meminta pengurus partai politik (parpol) tingkat kecamatan agar ikut menguatkan kesadaran politik rakyat menghadapi Pemilu 2024.


“Bukan hanya tanggung jawab penyelenggara saja tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen bangsa ini,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana, pada sosialisasi kebijakan politik di  Istana Nelayan Jatiuwung, Rabu (15/11/2023).


Para peserta yang mengikuti sosialisasi ini merupakan pengurus parpol tingkat kecamatan di Kabupaten Tangerang. Mereka diminta memahami tujuan politik bagi bangsa dan negara. Hadir sejumlah narasumber dari UIN Syarif Hidayatullah, komisioner KPU Kabupaten Tangerang dan komisioner Bawaslu Provinsi Banten.


Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna menguatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan dalam Pemilu 2024.


Selain itu, sosialisasi politik juga merupakan proses transmisi orientasi politik/budaya politik bangsanya (Sistem Politik Nasionalnya) agar warga negara memiliki kematangan politik dan sadar akan hak dan kewajibannya sesuai dengan yang ditentukan dalam sistem politik nasional.


“Karena dengan adanya kegiatan sosialisasi politik ini bisa mencerdaskan bangsa, membangun masyarakat yang paham akan politik serta cara pengambilan kebijakan oleh pemerintah,” tuturnya. 


Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) adalah instrumen deteksi dini dari potensi kerawanan di Indonesia yang akan melangsungkan Pemilu atau Pilkada. Segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis dapat diantisipasi, diminimalkan dan dicegah.  


“Saya berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, peserta sosialisasi kebijakan politik mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang sosialisasi kebijakan politik pada pemilu 2024,” tuturnya.(hms) 

×
Berita Terbaru Update