Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemdes Kramat di Tangerang berikan Mesin Perontok Padi untuk Kelompok Tani

Sabtu, Juni 10, 2023 | 18:36 WIB Last Updated 2023-06-10T11:40:18Z
Pemdes Kramat di Tangerang berikan Mesin Perontok Padi untuk Kelompok Tani


Pakuhaji - Pemerintah Desa (Pemdes) Kramat Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten memberikan 3 unit Mesin Perontok Padi dan 36 ekor Kambing kepada Kelompok Tani. Bertempat di Halaman kantor Desa pada Sabtu 10 Juni 2023. 


Kegiatan ini adalah prioritas Pemerintah Pusat melalui  Program Dana Desa yang di alokasikan untuk Ketahanan Pangan. 


Adapun Kelompok Tani yang telah menerima bantuan yaitu H. Supandi Ketua Kelompok Tani Sejahtera Mandiri I Kampung Kalang Anyar, Abdul Majid Ketua Kelompok Tani Sejatra Mandiri II Kampung Kramat dan Sadeli Ketua Kelompok Tani Sejatra Mandiri III Kampung Gardu 01 021. 


Masim Pendamping Lokal Desa (PLD) mengatakan,"Kegiatan ini adalah prioritas Pemerintah Pusat dari Dana Desa yang di alokasikan untuk ketahaanan pangan prosentase dari dana desa tersebut kurang lebih sekitar 8 % . 


Lanjut Masim di dalam Prioritas Dana Desa tersebut masuk dalam APBDES, maka pada hari ini realisasi dari anggaran pendapatan Belanja Desa yang rincian untuk realisasi ketahaanan pangan tersebut berupa alat usaha tani yaitu mesin Gelabag atau mesin perontok padi hari ini akan di serahkan langsung kepada kelompok tani dan penggemukan hewan ternak kambing yang berjumlah 36 ekor kepada kelompok tani di wilayah Desa Kramat Kecamatan Pakuhaji sebagai wujud realisasi APBDES Anggaran tahun 2023, jelasnya. 



Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Ini merupakan upaya Pemerintah untuk penguatan ketahanan pangan telah dilakukan dalam berbagai kebijakan. Salah satunya melalui Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani,"jelas Masim. 


Selain itu, Penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri. 


Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran,“katanya.


(Jamal) 

×
Berita Terbaru Update