Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Disporabudpar: Puluhan Peserta Ikuti Sertifikasi Pemandu Wisata Di Kabupaten Tangerang

Kamis, April 13, 2023 | 22:01 WIB Last Updated 2023-04-13T15:03:16Z
Disporabudpar : Puluhan Peserta Ikuti Sertifikasi Pemandu Wisata Di Kabupaten Tangerang


Kabupaten Tangerang - Tingkatkan kompetensi diri, pengetahuan serta kemajuan Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) bidang Pariwisata Kabupaten Tangerang adakan Assessment Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Tahun 2023.


Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nusantara, agar memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).  


Diketahui sertifikasi tersebut berlangsung selama 2 hari. Bertempat di Gedung Usaha Daerah Kompleks Perkantoran Tigaraksa, Aula 1 Disporabudpar Kabupaten Tangerang. Pada Kamis dan Jumat 13-14 April 2023. 


Hadir para Assesor LSP Pariwisata Nusantara, diantaranya Hairani Tarigan, SE., MM dan Suryanti Mala. Yang mana para peserta diuji dengan tes tulis, serta praktek langsung sebagai Pemandu Wisata. 


Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Drs. Karnadi, M.Si.


Karnadi Sekertaris Dinas (Sekdis) pun dalam sambutannya mengatakan, bahwa

dirinya menyambut baik atas acara Asesmen Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP tahun 2023 ini. 


"Alhamdulillah Sertifikasi Skema Pemandu Wisata ini sudah berjalan dari tahun kemarin, dan tahun ini yang ke 2. Kami Disporabudpar mengapresiasi serta menyambut baik atas acara ini, terutama kepada Lembaga Sertifikasi yang telah bekerjasama." Kata Karnadi.


Ia pun meminta kepada peserta agar memanfaatkan momentum ini dengan sebaik mungkin.


Ditempat yang sama, Wakil dari Assesor LSP Nusantara Pariwisata Hairani Tarigan, SE., MM mengucapkan Terimakasih atas kesediaan para peserta dalam uji Kompetensi ini, karena ini merupakan amanat PP bahwa Pelatihan Sumberdaya manusianya Pariwisata agar dianggarkan di Pemda Kabupaten dan Kota agar memiliki SDM yang kompeten dan tersertifikasi. 


Sementara itu, Kepala Seksi Pariwisata Nanang Chaeroni, S.Pd., M.Pd. menuturkan, adapun peserta sertifikasi sebanyak 40 orang. Yang terbagi menjadi 2 Gelombang. Gelombang pertama pada  Kami 13/04/2023 dan Gelombang kedua Jumat 14/04/2023.


"Adapun peserta pada tahun ini berjumlah 40 orang, berasal dari Mitra dan Lembaga Pariwisata. Seperti Saka Pariwisata, Pokdarwis, GenPI, Kang Nong, PASEBA, SQP, IPI, HPI,Travel,  Kampung Tematik Batik Balaraja, serta instansi unsur Pariwisata lainya yang ada di Kabupaten Tangerang." Ujar Nanang Kasie Pariwisata.


Nanang Chaeroni pun berharap, nantinya para peserta yang sudah diuji dan dinyatakan layak oleh BNSP sebagai Pemandu Wisata agar bekerja dengan baik sesuai dengan wilayahnya. 


"Saya berharap nantinya peserta yang sudah sertifikasi dan mendapatkan sertifikat dari BNSP sebagai Pemandu Wisata, agar bekerja dengan baik dan kompeten sesuai wilayah, ikut serta mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Tangerang agar menjadi Sustainable of Tourism, dan menjadikan wisata industri serta menjaga Sapta Pesona Pariwisata." Tandasnya.


Terpisah, salah Satu Peserta Sertifikasi Wiwi Wijayanti dari Destinasi Pantai Terang Tanjung Kait mengatakan,  Terimakasih Disporabudpar sudah memberikan kesempatan menjadi peserta sertifikasi pemandu wisata.


"Uji kompetensi menjadikan kami bertambah wawasan tentang ilmu Pariwisata, bertukar ilmu dan yang pasti semakin semangat membangkitkan Pariwisata terutama di Desa kami Desa Tanjung Anom Kecamatan Mauk dengan Pantai Terangnya dan semakin banyak Destinasi wisata di Kabupaten Tangerang." Pungkasnya.


(Ana)

×
Berita Terbaru Update