Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BPOM Sebut Berlebihan Konsumsi Hexymer dan Tramadol Bikin Perilaku Jadi Agresif

Kamis, Januari 26, 2023 | 19:45 WIB Last Updated 2023-01-26T12:47:23Z
BPOM Sebut Berlebihan Konsumsi Hexymer dan Tramadol Bikin Perilaku Jadi Agresif


Kabupaten Tangerang - Penyalahgunaan obat keras hexymer dan tramadol dengan mengonsumsi secara berlebihan dapat mempengaruhi mental dan perilaku yang cenderung agresif.


Demikian dikatakan Kepala Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Cabang Kabupaten Tangerang Sony Mughofir.


“Cenderung agresif, di antaranya menjadi mudah berhalusinasi dan memiliki perilaku yang bersifat atau bernafsu menyerang. Itu karena hexymer dan tramadol berkerjanya di sistem saraf pusat. Sama dengan psikotropika,”katanya kepada wartawan, Kamis, 26 Januari 2023.


Menurut Sony, penjualan hexymer dan tramadol secara bebas tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun dan harus ditertibkan.


Ia mengatakan, bila warga ikut berperan aktif dalam menolak keberadaan para penjual hexymer dan tramadol, akan membantu mengurangi penyebaran penyalahgunaan obat-obat keras tersebut.


“Terutama, dari unsur seperti tokoh, ulama, kepala desa, kepala dusun, ketua RW, dan ketua RT. Kalau unsur-unsur ini berperan aktif maka akan membantu mengurangi penyebaran penyalahgunaan hexymer dan tramadol,” ujarnya.


Terlebih, lanjut dia, mengingat petugas internalnya masih terbatas, sehingga pihaknya hanya mampu menertibkan yang dilakukan secara terjadwal setiap dua kali dalam sebulan.


“Jadi, salah satu upaya memberantas gengster ataupun perilaku agresif gengster, yakni memberantas kios obat yang menjual bebas hexymer dan tramadol. Selain faktor antara lain, faktor pendidikan, agama juga sangat berperan membentuk karakter remaja,”ucapnya.


Sony pun berharap, peristiwa keji ala gengster di Kabupaten Tangerang yang belum lama terjadi adalah yang terakhir kalinya.


(rls/hin) 

×
Berita Terbaru Update