Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang: Pemuda Butuh Semangat Dalam Membangun Ekonomi

Minggu, Oktober 30, 2022 | 23:13 WIB Last Updated 2022-10-30T16:15:15Z
Ketua DPRD Kabupaten Tangerang: Pemuda Butuh Semangat Dalam Membangun Ekonomi


Kosambi - Karang Taruna (Katar) Kecamatan Kosambi menggelar dialog HUT Kabupaten Tangerang ke-390 sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, dengan tema "Moment Kebangkitan Ekonomi Pemuda di Tengah Pembangunan" di Kedai Kopi Tuh, Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Minggu (30/10/2022).


Hadir sebagai narasumber Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail, Camat Kosambi Dadang Sudrajat, Ketua HIPMI Kabupaten Tangerang Lukman Nurhakim, PLT Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang Ujang Sudiartono, dan juga Ketua Katar Kecamatan Kosambi Herdi Rukmana serta Tim Inkubator Ekonomi Kecamatan Kosambi dan Tamu undangan


Dalam dialog Sebagai nara sumber Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bappeda H. Ujang Sudiartono mengatakan, dimasa pandemi, kita bisa bertahan karena UMKM.


UMKM tersebut paling besar dan paling tahan terhadap crisis yang terjadi di Indonesia, sektor UMKM paling besar memberikan devisa negara.


"Jadi kalo saya berbicara melihatnya tinggi nya tapi tidak sampai, sementara sektor yang kecil itu masih banyak, kenapa kita tidak melakukan pengelolaan itu,"Tungkasnya.


Lebih lanjut Ujang menuturkan Karena sektor UMKM terlihat memang sangat besar di kabupaten Tangerang karna jumlah penduduk di kabupaten Tangerang sangat besar oleh sebab itu bukan sektor penduduk yang homogen, melainkan struktur penduduk heterogen. 


"Pepatah mengatakan, dimana bumi berpijak disitulah langit di junjung. Saya bukan asli orang Tangerang, tapi saya hidup dan makan itu di tangerang. Jadi, saya akan membangun Tangerang semampu yang saya bisa,"ujarnya.


Ujang berharap, kolaborasi dari para pemuda dan pemudi berikan informasi sebanyak banyaknya, kemudian kita kolaborasi. 


Apa yang bisa diberikan pemerintah dan apa yang bisa dilakukan oleh para pemuda. Karena harus diingat, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, Pemerintah harus bisa berkolaborasi dengan semua stakeholder.


"Anda ingin sebagai subjek, apa sebagai objek. Jika sebagai subjek , lihatlah program pemerintah dalam sisi positif, dimana anda bisa mengambil peran disana dengan membantu  mengambil fungsi program pemerintah. Sehingga perekonomian di kabupaten Tangerang,"Lugasnya.


Di kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail menuturkan Terkait dengan program ekonomi kreatif bahwa kami punya program secara personal nama nya program ngopi pintar (Ngobrol inpsiratif atau inovatif), maka Saya selalu bilang dengan teman teman diskusi dengan saya,maka saya sampaikan.


Ayo kita diskusi, keluarkan ide dan inovasi para pemuda karna sering sering la kita berinovasi karna dengan sering nya berinovasi kita akan banyak mendapat kan ispirasi yang positif,"tandas  Kholid Ismail.


Banyak anak anak muda yang berinovasi dan mengelurkan gagasan dan ide.untuk memberikan solusi sehingga kedepanya anak muda bisa maju dan menjadi pengerak ekonomi.


"Saat ini yang kita butuhkan semangat nya untuk membangun ekonomi.khusus nya ekonomi pemuda sehingga pemuda bisa mandiri dalam membangun ekonomi nya,"Ujarnya.


Sementara itu peserta kegiatan Diskusi yang juga Aktivis Utara, Budi Usman mengatakan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang Banten mengungkapkan terkait perspektif ekonomi dan angka penduduk miskin di kabupaten itu bertambah 272 ribu orang atau sekitar 7,12 persen dari total jumlah penduduk yang ada,"ujar Budus.


Peningkatan angka kemiskinan tersebut merupakan hasil sensus pada Maret tahun 2022. "Data dari sumber BPS mencatat kenaikan di tahun ini mencapai 7,12 persen warga Kabupaten Tangerang berada di bawah rata-rata alias miskin,"pungkas Budus.


(rls/hin) 

×
Berita Terbaru Update