Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kelurahan Nambo Jaya, RW 002 Gelar Pemilihan Ketua RT Serentak

Minggu, Agustus 07, 2022 | 17:23 WIB Last Updated 2022-08-07T10:36:04Z
Kelurahan Nambo Jaya, RW 002 Gelar Pemilihan Ketua RT Serentak


Kota Tangerang - Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci memiliki wilayah lingkungan 5 (lima) Rukun Warga (RW) dan 21 Rukun Tetangga (RT). Salah satunya adalah lingkungan RW 02 sejak 1 Agustus hingga 6 Agustus non stop menggelar Pemilihan Ketua RT 01 s/d 06 yang kepengurusannya sudah habis masa bhaktinya.


Dalam proses pemilihan Ketua RT 01 s/d 06 lingkup RW 02 baru saja selesai menyelenggarakan pesta demokrasi tingkat lingkungan. Sebanyak, 6 (enam) RT menggelar Pemiihan Ketua RT secara serentak dengan mekanisme terbagi dalam 6 (enam) claster wilayah RT masing-masing.


Pesta demokrasi tingkat lingkungan itu, mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Terlihat dari Pengurus RW 02 yang kini dinakhodai Totok Kuswanto membentuk Panitia Pemilihan Ketua RT yang terdiri 4 (empat) Panitia RW dan 6 (enam) Perwakilan dari setiap RT masing-masing 1 (satu) orang.


"Susunan Panitia Pemilhan RT di wilayah RW 02 itu diantaranya adalah Ketua Agus Atma, Wakil Ketua Nugroho, Sekretaris Ilo Huda R, Humas Andhi Kusnanto, Riyanto Perwakilan RT 01, Julius Perwakilan RT 02,  Juliana Perwakilan RT 03, Moro Lestari          Perwakilan RT 04, Liely Perwakilan RT 05, dan Tresia Perwakilan RT 06".Urai Agus Atma.

 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dalam proses pemilihan tersebut Panitia menerima pendaftaran dan berkas persyaratan, Ketua RT dipilih oleh warga masyarakat setempat berdasarkan KTP dan KK di lingkungan RT setempat dengan peraturan 1 (satu) rumah, 1 (satu) suara, dan Pemilihan Ketua RT terpilih berdasarkan perolehan suara terbanyak.


“Apabila pada saat penjaringan calon Ketua RT tidak terdapat calon yang mendaftar, maka Ketua RT yang telah menjabat lebih dari 2 (dua) kali masa bhakti dapat mendaftarkan diri dan dipilih kembali,”imbuhnya.


Lurah Nambo Jaya, Hadi Dharmawan, S.Sos mengatakan, bahwa Pemilihan Ketua RT 01 s/d 06 tersebut, merupakan amanah dari Peraturan Walikota (Perwal) Kota Tangerang Nomor 24 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga.


“Hal itu adalah untuk memudahkan koordinasi dan tertib administrasi terkait kewilayahan, kependudukan baik itu di tingkat RT/RW, maka dengan ini kami minta kepada Ketua RT dan RW untuk dilaksanakan peremajaan kepengurusan RT dan RW,”paparnya. 


Alhamdulillah, semua prosesnya berjalan dengan baik, sambung Hadi, antusias masyarakat juga begitu tinggi, artinya Demokrasi Lingkungan kita ini, Alhamdulillah telah tersosialisasikan dengan baik.


“Kepada seluruh RT terpilih seperti, Ahmad Candra, Rudi Suwignyo, Lani Hidayat, Yulianty, Sugiyono, dan Tarwan selamat dan sukses atas amanah yang telah diberikan warganya. Pemilihan Ketua RT dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan,”terang Hadi Dharmawan.


Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah, tambah Hadi, apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.


Kelurahan Nambo Jaya, RW 002 Gelar Pemilihan Ketua RT Serentak


“Dengan adanya proses tersebut, juga dapat melatih masyarakat agar lebih aktif lagi dalam setiap proses demokrasi di wilayahnya. 


Setidaknya ini akan menjadi tolak ukur, bahwa di Kelurahan Nambo Jaya lingkup RW 002 pesta demorkasi dari tingkat lingkugan itu sudah berjalan sangat demokratis dan kondusif,”paparnya.


Ketua RW 002, Totok Kuswanto menambahkan, bahwa dilaksanakannya pemilihan secara langsung dan serentak yang dimulai dari tanggal 1 hingga tanggal 6 Agustus 2022 ini memang dikehendaki oleh warga, artinya kita tidak menganut sistem perwakilan lagi.


Ia berharap siapapun yang terpilih sebagai Ketua RT harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. “Sebab peran Ketua RT pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan,"imbuhnya.


Dia juga berharap, nantinya Ketua RT terplih juga dapat bersinergi baik dengan Pengurus RW 002 maupun dengan Pemuda Karang Taruna di lingkugan masing-masing. 


“Kami mengapresiasi atas sukses terselenggaranya pemilihan Ketua RT secara serentak, ini pertama di Kelurahan Nambo Jaya, tentu ini akan menjadi percontohan bagi Pengurus RW-RW lainnya,”pungkasnya. 


(asa)







×
Berita Terbaru Update