Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kepala Desa se Kabupaten Tangerang Bintek demi peningkatan pelayanan publik

Jumat, Juli 15, 2022 | 20:11 WIB Last Updated 2022-07-15T16:15:40Z
Kepala Desa se Kabupaten Tangerang Bintek  demi peningkatan  pelayanan publik


Jawa Tengah - Kepala Desa Se-Kabupaten Tangerang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas dan Studi Komparatif di Sahid Raya Hotel Yogyakarta, Jumat (15/07/2022).


Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas dan Studi Komparatif  mengusung tema “Digitalisasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa”.


Kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang, Drs. Tini Wartini, M.Si mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh APDESI. 


Pasalnya, pentingnya suatu penelitian yang membandingkan antara variabel-variabel yang saling berhubungan dengan mengemukakan perbedaan-perbedaan ataupun persamaan-persamaan dalam sebuah kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan desa.


“Segala sesuatu yang dianggarkan dari APBN atau APBD itu ada aturan, standarisasi dan totalitasnya. "Jadi Saya yakin kalau Kepala Desa memiliki pemahaman dan mengikuti aturannya tidak akan terjadi lagi penyelewengan, untuk itu saya mengapresiasi Bimtek ini”.Kata Tini Wartini dalam pemaparan materinya di Hotel Sahid Raya Yogyakarta, Jumat (15/07/2022).


Sementara, Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Tangerang, Deny Marincka Pratama, S.H, M.H mengatakan, bahwa hal yang paling utama terkait pengelolaan keuangan Desa adalah 3 Asas Pengelolaan Keuangan Desa diantaranya, Asas Transparan atau Keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang keuangan Desa, Asas Partisipatif serta Asas Tertib dan Disiplin anggaran yaitu dengan turut mengikutsertakan kelembagaan Desa dan unsur masyarakat agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengelolaan keuangan Desa,jelasnya. 


Diakhir, Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Zamrul Aini, S.H,. S.I.K, M.H turut memberikan arahan kepada seluruh Kepala Desa yang mengikuti Bimbingan Teknis. 


Dirinya mengatakan bahwa terkait pengelolaan Dana Desa diharapkan para Kades untuk lebih Transparan, Akuntabel sesuai dengan prinsip pengelolaan anggaran serta dapat mempublikasikan pos-pos penggunaan anggaran yang telah digunakan,paparnya.


Dalam kesempatan itu, Ketua APDESI Kabupaten Tangerang, H. Maskota menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri yang sudah mau bersedia hadir untuk memberikan ilmu dan motivasinya kepada para Kepala Desa se- Kabupaten Tangerang.


“Terima kasih kepada para pemateri, ini merupakan penghargaan terbesar kepada APDESI yang tidak bisa diukur dengan nilai, semoga kedepan Kepala Desa semakin meningkat kapasitas pengetahuannya tentang Desa, dengan hasil studi hari ini” pungkasnya. 


Budi Usman Dewan Pembina Apdesi Kabupaten Tangerang, menambahkan bahwa kegiatan Bintek dan studi komparatif ini sangat bermanfaat untuk penguatan Pelayanan publik demi kesejahteraan dan percepatan pertumbuhan ekonomi warga.


(rls/hin) 

×
Berita Terbaru Update