Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jelajah Indahnya Hutan Mangrove Desa Muara Teluknaga Tangerang

Selasa, Juni 14, 2022 | 10:55 WIB Last Updated 2022-06-14T04:53:02Z
Lokasi hutan mangrove berdekatan dengan lokasi pembangunan PIK 2, berdekatan pula dengan Pantai Utara Jakarta


Teluknaga - Objek wisata di Kabupaten Tangerang memang tidak ada habisnya. Wisata alam yang kaya tergambar dari adanya objek wisata pantai, wisata hutan, wisata kuliner, dan berbagai wisata modern bisa kamu temukan di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. 


Mungkin kamu tidak asing dengan objek wisata pantai Tanjung Pasir dan Tanjung Kait, tidak jauh dari lokasi itu terdapat wisata hutan Mangrove.


Daerah pesisir Kabupaten Tangerang tepatnya di Desa Muara Kecamatan Teluk Naga, banyak ditumbuhi oleh pepohonan mangrove. Lokasi hutan mangrove berdekatan dengan lokasi pembangunan PIK 2, berdekatan pula dengan Pantai Utara Jakarta.


Dibandingkan dengan wisata-wisata pantai di sekitar Tangerang lainnya, wisata hutan mangrove ini masih terbilang nyaman untuk  wisatawan. Padahal objek wisata mangrove merupakan tempat edukasi untuk lebih mengenal ekosistem perairan dan untuk mengenal lebih jauh terkait manfaat mangrove bagi pesisir pantai dan mahluk yang hidup didalamnya.


Ternyara tak jauh dari tempat wisata Tanjung Pasir, Tangerang tedapat tempat destinasi indah wisata Hutan Mangrove yang terletak di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.


Dalam Podcast Cerdas Tangerang Utara News mengambil tema bincang terkait upaya penguatan konservasi Hutan mangrove dengan pengelola konservasi Hutan Mangrove Desa Muara Kecamatan Teluknaga, H. Yatno yang juga Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Mina Berdikari. 


Rekomendasi untuk tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi berlibur yang penuh dengan edukasi dan rekreatif bersama keluarga, teman atau pun pasangan. 

 

Menurut H.Yatno yang juga penggiat konservasi bahw Hutan mangrove adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Salah satu ciri tanaman Mangrove memiliki akar yang menyembul ke permukaan," tandas H. Yatno.


Lokasi hutan mangrove berdekatan dengan lokasi pembangunan PIK 2, berdekatan pula dengan Pantai Utara Jakarta


Pintu masuk wisata Hutan Mangrove yang terletak di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (14/6/2022)


Destinasi indahnya Hutan ini dipenuhi berbagai macam tanaman bakau atau  mangrove. Mulai dari ukuran tanaman yang besar sampai yang baru ditanam.

 

Juga kita bisa berkeliling menikmati naturalnya sungai kurus yang di hiasi destinasi pesona indahnya sungai dan Mangrove yang sarat vegetasi sungai dan pantai yang di huni biota hewan secara alami,"pungkas H. Yatno.


"Tanaman di Hutan Mangrove ini banyak sekali ukurannya, dari yang besar sampai yang baru di tanam beberapa bulan yang lalu,"ujar Samarudin, salah satu penjaga Hutan Mangrove.


Namun, sayangnya akses menuju tempat ini melewati jalan yang tidak terlalu lebar. Selain itu terdapat beberapa jalanan yang berlubang dibeberapa titik. 


"Akses jalannya tidak terlalu besar sama berlubang, tapi karna sudah sampai sini saya tak menyesal, karena tempatnya memang indah di harapkan perhatian Pemerintahan untuk perbaikan infrastruktur dan prasarana lainya untuk memperlancar Eko wisata kabupaten Tangerang,"ujar Dinda , warga Salembaran jaya  salah satu pengunjung yang hadir bersama keluarga.


(rls/hin)


Tonton Video :




×
Berita Terbaru Update