Notification

×

Iklan

Iklan

DBD mengintai, Masyarakat Tangerang di himbau waspadai Musim Penghujan

Rabu, Oktober 20, 2021 | 20:34 WIB Last Updated 2021-10-20T22:55:25Z
memasuki musim hujan, sangat identik dengan jenis penyakit batuk, pilek dan diare. Namun, saat ini yang harus diwaspadai dan diperhatikan secara serius, yakni penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)


Kabupaten Tangerang - Memasuki musim penghujan mulai dari intensitas rendah hingga intensitas tinggi banyak penyakit yang mengintai, membuat masyarakat harus selalu waspada akan kesehatan, terlebih saat masih berada dalam situasi pandemi COVID-19, demikian halnya dengan wilayah Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. 


Menurut dr. Hendra Tarmizi, selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, memasuki musim hujan, sangat identik dengan jenis penyakit batuk, pilek dan diare. 


Namun, saat ini yang harus diwaspadai dan diperhatikan secara serius, yakni penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 


Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini muncul akibat banyaknya genangan air. Genangan air merupakan tempat terbaik bagi larva nyamuk untuk tumbuh dan berkembang biak. 


dr. Hendra menjelaskan bahwa penyakit demam berdarah berpotensi pada kematian. Tentunya masyarakat semua kalangan usia dapat terjangkit penyakit tersebut.


"Semua kalangan usia dapat berpotensi terkena demam berdarah, namun usia anak-anak lebih beresiko menyebabkan angka kematian yang tinggi, karena anak-anak cenderung belum memiliki kekebalan tubuh yang maksimal,"jelasnya pada Selasa (19/10/2021).


Menurutnya, guna mencegah berkembangnya nyamuk perlu dilakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M, yakni  menutup, menguras dan mengubur benda-benda yg dapat menampung air.


"Jadi, memasuki musim hujan ini, kewaspadaan kita harus ditingkatkan. Selain COVID-19 juga yang tidak kalah pentingnya adalah DBD,"katanya.



(Rls/Diskominfo)


×
Berita Terbaru Update