Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polda Banten Kirim 2 Polwan Terbaiknya Dalam Penugasan Misi Internasional UNAMID di Sudan

Senin, Agustus 30, 2021 | 16:53 WIB Last Updated 2021-08-30T09:57:37Z
Polda Banten Kirim 2 Polwan Terbaiknya Dalam Penugasan Misi Internasional UNAMID di Sudan


SERANG - Polisi Indonesia mengirimkan 140 anggota terbaiknya dalam Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 12 UNAMID (United Nation - African Union Hybrid Mission In Darfur) di Sudan, Afrika.


Dalam 140 personel tersebut, terdapat 2 orang personel wanita yang berasal dari Polda Banten. Mereka adalah Briptu Alfie Sakinah dan Briptu Tasha Febriana.


Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto melalui Kabid Humas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga membenarkan hal tersebut.


"Ya, kami dari Polda Banten tentunya sangat bangga, karena ada 2 Polwan Polda Banten yang ikut misi internasional UNAMID di Sudan Afrika,"kata Akbp Shinto Silitonga.


Akbp Shinto Silitonga juga menyampaikan jika personel dalam misi internasional UNAMID bertugas untuk mendukung proses perdamaian serta memberikan perlindungan warga sipil di Sudan, Afrika.


Polda Banten Kirim 2 Polwan Terbaiknya Dalam Penugasan Misi Internasional UNAMID di Sudan


"Kontingen Polri dalam Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 12 UNAMID terdiri dari 4 pleton taktis dan 1 pleton pendukung. Masing-masing personel memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda seperti VVIP protection, patrol, escort, check point, riot control, penjagaan kantor, tim kesehatan, staf administrasi, mekanik, dan tim manase," jelas Akbp Shinto Silitonga.


Akbp Shinto Silitonga menambahkan jika Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 12 UNAMID adalah kontingen terakhir dari Indonesia dan tidak ada pergantian pasukan karena misi UNAMID telah berakhir pada 31 Desember 2020. 


Saat ini misi UNAMID sedang dalam tahap liquidation atau pengurangan personil polisi, militer, dan staf UN serta pengembalian barang-barang UN dan penyerahan atau hibah logistik dan aset UN kepada pemerintah Sudan.


Dalam posisi transisi tersebut, FPU berubah menjadi UNGU (United Nation Guard Unit), yang tugasnya adalah menjaga aset UN dan mengawal proses pengembalian barang serta serah terima aset UN kepada pemerintah Sudan.


Akbp Shinto Silitonga pada bagian akhir optimis jika personel pengiriman Polda Banten tersebut dapat menyelesaikan tugas sampai akhir misi dan kembali ke tanah air dengan keadaan sehat dan tidak kekurangan satu apapun.


Sementara itu Briptu Alfie Sakinah yang sebelumnya berdinas di Satreskrim Polres Serang Polda Banten dan Briptu Tasha Febriana yang kesehariannya bertugas di bagian Satlantas Polres Serang Polda Banten menyampaikan rasa  bangganya bisa bergabung dalam penugasan misi internasional UNAMID di Sudan.


"Saya sangat senang dapat bergabung dalam penugasan ini, banyak suka duka yang telah dirasakan yaitu keterbatasan sinyal di daerah misi, dan kami sangat merindukan komunikasi yang lancar kepada keluarga di Indonesia,"ungkap Briptu Tasha.


Lanjut Briptu Alfie Sakinah dan Briptu Tasha mengaku  sangat senang karena bisa berdinas dan bekerjasama dengan polisi, staf sipil UN dari berbagai negara dan memiliki pengalaman berdinas di misi internasional.(Bidhumas)

×
Berita Terbaru Update