Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jaringan Aktivis Pantura : Di Duga Ratusan Hektar Lahan dan NIB Warga Pantura Berubah Nama

Sabtu, Agustus 22, 2020 | 07:54 WIB Last Updated 2021-04-07T10:34:37Z

 

Jaringan Aktivis Pantura : Di Duga Ratusan Hektar Lahan dan NIB Warga Pantura Berubah Nama


OnlinePantura.com - Bertempat  di Rumah Makan Saung Ibu Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang Jaringan Aktivis Pantura menggelar diskusi publik, dan konferensi pers tentang evaluasi kinerja Pemdes dan BPN Kabupaten Tangerang dalam perspektif manajemen pertanahan yang berbasis masyarakat.


Hadir pada diskusi Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Jayusman dari Fraksi Partai Gerindra , Sejumlah Aktivitas Tangerang Utara, seperti Budi Usman,Dulamin Zigo,Bustomi, jaro Dedi,Jayana black, Herdiansyah dan  rekan - rekan media.


Banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di Kabupaten Tangerang di pesisir pantai utara, sangatlah miris dan dramatis banyaknya lahan tanpa pengajuan resmi dari pihak pemilik sudah berubah NIB tanpa dasar yang  jelas dari pemilik lahan.


Jelas hal ini akan merugikan pemilik lahan bahkan korban kebanyakan dari kalangan pribumi  yang seakan akan  tergerus oleh sebuah kepentingan para pengusaha,"Demikian hal ini di utarakan tokoh masyarakat Teluknaga  yang juga warga Desa Babakan Asem Heri, satu dari korban pada konferensi Pers, Jum'at (21/8/2020).


Heri juga membeberkan, bahwa sebidang  Tanah miliknya  sudah berubah Nomor indentifikasi bidang (NIB)  nya menjadi milik orang lain, ketika dirinya dan keluarga mendatangi badan pertanahan Nasional ( BPN) Kabupaten Tangerang, akan tetapi rasa kekecewaan yang hanya ia dapatkan.


Bahkan dia mengibaratkan bagaikan semut melawan dengan seekor gajah, bila proses dia laporkan kepada pihak berwajib,"bebernya didepan rekan rekan media.


"Saya bersama keluarga dan korban yang lain akan melayangkan surat kepada instansi terkait, baik ke DPRD, Bupati Tangerang, Gubernur Banten dan bahkan saya akan membuat surat terbuka untuk pemerintah pusat yang di tujukan kepada Presiden Joko Widodo dalam membela hak - hak kami untuk meminta sebuah keadilan terkait tanah milik kami yang sudah berubah NIB nya menjadi milik orang lain".Tegas Heri.


Jayusman Muhtar  Anggota DPRD  Kabupaten Tangerang, memaparkan bahwa dirinya baru mengetahui  telah terjadi penyerobotan tanah milik warga, yang sudah berubah nama pemilik, dari pemilik pertama ke pemilik kedua melalui NIB.


"Saya sangat mendukung pembangunan yang ada diwilayah Kabupaten Tangerang umumnya, dan khusus nya yang ada di wilayah Tangerang Utara asalkan tidak ada tanah warga yang menjadi korban penyerobotan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Permasalahn ini akan saya bawa ke komisi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kinerja BPN Kabupaten Tangerang, terkait dugaan banyaknya perubahan kepemilikan lahan di wilyah pesisir pantai utara Tangerang".Ujarnya.


Sementara Dulamin Zigo Pentolan Aktivis Pantura dari LSM Gaib, hal ini jangan kita diamkan dan kita semua wajib membela hak hak kita yang sudah dirampas dan bila tidak ada respon dari pihak terkait, maka kami semua masyarakat pemilik lahan akan mengelar demo di kantor BPN Kabupaten Tangerang, karena ini bukan satu orang saja yang menjadi korban, ini bukan permasalahan kecil yang dihadapi oleh masyarakat Pantura.


"Sesungguhnya kami sangat mendukung dengan adanya pembangunan yang ada, akan tetapi terbentuknya sebuah pembangunan bukan untuk merugikan masyarakat yang ada akan tetapi untuk memajukan baik dari ekonomi ataupun sisi budaya dan kearifan lokal yang ada.


Kami juga desak Bupati Tangerang dan inspektorat untuk periksa oknum Kades dan aparat nakal yang terlibat dalam usulan pembuatan Nomor indentifikasi bidang atau NIB ini, dan proses yang tegas jika terjadi penyalahgunaan wewenang atau mal administrasi " tegasnya Zigo mengakhiri.***

×
Berita Terbaru Update