Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Melalui Program PKT Desa Mekar Kondang Lakukan Normalisasi Saluran Air Pertanian

Senin, Maret 02, 2020 | 11:11 WIB Last Updated 2021-09-28T10:43:56Z
Melalui Program PKT Desa Mekar Kondang Lakukan Normalisasi Saluran Air Pertanian >> https://www.onlinepantura.com/2020/03/melalui-program-pkt-desa-mekar-kondang.html

SUKADIRI - Dalam menjalankan program pemerintah di bidang pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Mekar Kondang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang mengadakan Program Padat Karya Tunai (PKT) Normalisasi Saluran Air Pertanian Dana Desa.

Kepala Desa Mekar Kondang, M Shofa Marwah menjelaskan, program PKT bertujuan untuk mengentas kemiskinan. Serta program yang tetap harus ada dan dijalankan oleh pemerintah pusat sampai daerah. 

Tak terkecuali, pemerintah desa sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Menurutnya, program yang dapat mendukung upaya tersebut salah satunya adalah PKT. Dalam program ini masyarakat diajak untuk berdaya dalam kegiatan pembangunan desa. 

Program PKT dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu, 29 dan 1 Februari 2020. Yakni dengan kegiatan normalisasi dan perbaikan saluran air pertanian.

Dalam kegiatan ini diikuti sekitar puluhan warga bersama babinsa, binamas serta seluruh unsur pemerintah desa setempat. 

"Dengan adanya (PKT) normalisasi pengairan diharapkan dapat memperlancar pengairan yang ada di Desa Mekar Kondang. Sehingga arus air bisa lancar dan disamping itu program (PKT) sangat dinantikan semua warga,” ucapnya.

Melalui Program PKT Desa Mekar Kondang Lakukan Normalisasi Saluran Air Pertanian

Diketahui, kegiatan program yang diberikan oleh Kementerian Desa Tertinggal dan Pemerintah Daerah adalah untuk melaksanakan amanah. 

Maka Pemerintah Desa Mekar Kondang telah melaksanakan amanah tersebut. Maka dari itu, Shofa Marwah tidak meragukan lagi kepada pelaksanaan program tersebut, karena juga dipandu oleh PMD dari kecamatan.

Oleh karena itu apa yang diharapakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah berkaitan dengan Instruksi dari Kementerian Desa (Kemendes) RI yaitu menjalankan tugas amanah dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya. Tidak melanggar ketentuan yang telah tetapkan dari perencanaan sampai pelaksanaan.

Shofa Marwah menambahkan, secara keseluruhan di Desa Mekar Kondang dengan jumlah penduduk lebih dari 6.000 orang yang tersebar di 6 RW dan 16 RT, berkomitmen memprioritaskan program PKT ini. Melalui kegiatan normalisasi drainase di sejumlah saluran air.

Disinggung tentang harapan kedepan untuk desa Shofa Marwah mengatakan, tentunya akan terus mencari terobosan-terobosan  untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan warga Desa Mekar Kondang. 

Dengan cara menyalurkan bakat-bakat para petani melalui pengembangan pertanian sayur mayur yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Bicara hal pertanian akan dimulai dari penampung air, irigasi dan saluran-saluran air yang menuju lahan pertanian, agar para petani nantinya tidak kekurangan air. 

Kedua adalah ilmu-ilmu pertanian, ia akan dorong para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan dinas terkait untuk memberikan ilmu pertanian yang baik dan benar. 

Tujuannya agar warga yang bermatapencaharian sebagai petani dapat lebih makmur dan sejahtera.

"Warga Desa Mekar Kondang mempunyai potensi, untuk berkarya yang nyata, masa depan 5 atau 10 tahun yang akan datang perekonomian dan kesejahteraan warga harus ada perubahan. 

Saya sampaikan terima kasih kepada semua elemen, karena saya tidak bisa kerja sendiri melainkan berkolaborasi, bekerjasama, bersinergifitas dengan semua kalangan dan semua elemen untuk terwujudnya desa yang subur makmur dan sehat sejahtera," pungkas Shofa Marwah.(One
×
Berita Terbaru Update