Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bagaimana Dengan Anda, Memaknai Refleksi Akhir Tahun

Senin, Desember 30, 2019 | 10:46 WIB Last Updated 2019-12-30T03:50:10Z

DESEMBER terakhir dalam kalender Masehi. Biasanya lembaga dan unit kerja mengadakan acara refleksi akhir tahun.

Detik detik pergantian tahun 2019 menunju 2020  sebentar lagi akan kita lalui, bagaimana kah anda merefleksikan nya..? 

Refleksi berasal dari kata reflect, artinya menggambarkan, mencerminkan, dan membayangkan. Maknanya, segala tindakan yang dilaksanakan merupakan gambaran dirinya. 

Orang dapat memberikan penilaian terhadap tindakan yang telah dilakukannya.

Dalam konteks manajemen modern, refleksi dimaknai evaluasi, yaitu suatu pekerjaan setelah perencanaan dan pelaksanaan. Maknanya, evaluasi dilakukan pada akhir suatu kegiatan.

Sifatnya berupa penilaian, perbaikan, masukan terhadap kegiatan yang telah dilakukan, dan menganalisa kegiatan selanjutnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

Dapat dikatakan, refleksi merupakan perenungan diri terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Apakah kegiatan tersebut berhasil? Ataukah gagal? Bagaimana hambatannya? Apa tantangannya? Bagaimana cara mengatasi masalahnya? Apa saja sumber dayanya? Siapa yang melakukannya? Dengan siapa mereka bekerjasama? Bagaimana cara pembagian kerjanya? Kapan deadline-nya? Dan pertanyaan lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan di atas, ada korelasi dengan manajemen. Demikian juga, refleksi akhir tahun berkaitan erat dengan manajemen waktu.

Sesungguhnya, waktu itu hidup dan hidup itu menjalani waktu. Menurut pengamatan penulis, ada orang yang “keteter” dalam mengatur waktu kegiatannya.

Ada pula, orang yang “longgar” dalam mengatur waktu kegiatannya. Padahal, Tuhan memberikan alokasi waktu pada setiap orang sama, yaitu dua puluh empat jam sehari.

Dan bagaimana Dengan Anda..? ***

×
Berita Terbaru Update