Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ekspos APBDes Laksana: "Transparansi Bantuan Bermanfaat Untuk Masyarakat"

Selasa, Oktober 15, 2019 | 16:54 WIB Last Updated 2021-09-27T10:49:49Z
Ekspos APBDes Laksana: "Transparansi Bantuan Bermanfaat Untuk Masyarakat"

PAKUHAJI - Bentuk transparansi dalam pengelolaan penggunaan Anggaran yang didapat pemerintahan tingkat Desa merupakan hal yang perlu diketahui masyarakat, karena sudah menjadi kewajiban bagi desa untuk menyampaikan kepada masyarakat, secara transparan dan akuntabel sebagai bentuk tanggung jawab atas pengelolaan pemerintah desa. 

Demikian halnya dilaksanakan Pemerintah Desa Laksana Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang dengan menggelar kegiatan Ekspos Realisasi APBDes 2019 pada Selasa 15 Oktober 2019 bertempat di Aula Kantor Desa.
Kegiatan merupakan agenda program pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Desa/Kelurahan SeKecamatan Kecamatam Pakuhaji tahun anggaran 2019.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kasi Pemerintahan beserta staf, Pj Kepala Desa (Kades), pihak pendamping  Desa /Kecamatan, BPD, LPM perangkat desa, Babinsa dan masyarakat.

Dalam sambutannya Hj. Yuyun Kasi Pemerintahan Kecamatan menjelaskan, sudah menjadi kewajiban bagi desa untuk menyampaikan kepada masyarakat, secara transparan dan akuntabel sebagai bentuk tanggung jawab atas pengelolaan pemerintah desa dalam pengelolaan anggaran Desa.

Bahwa dalam proses penggunaan bantuan Desa selain  untuk pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan Anggaran dapat direalisasikan pada program Badan usaha Milik Desa (Bumdes) guna peningkatan tingkat perekonomian masyarakat desa.

Menurutnya, ‎Dana Desa yang dikelola olah masing-masing Pemerintah Desa pelaksanaannya harus transparan agar masyarakat bisa mengetahuinya. Baik mengenai berapa nilai anggaran yang diterima, dengan adanya keterbukaan informasi, dapat meningkatkan kemampuan, kemauan, inisiatif serta partisipasi masyarakat dalam mendukung pembangunan desa,"ungkapnya.

Selain itu  Apabila pembangunan infrastruktur  jalan dengan  Paving Block dapat diganti dengan bentuk  Betonisasi. Demikian halnya dengan Program Pemberdayaan juga dapat lebih ditingkatkan setiap tahun, karena kebutuhan masyarakat terus meningkat yang nantinya dapat diusulkan melalui Musrenbang Desa,"jelasnya.

Diingatkan pula, untuk Operator jangan dilepas, perlu adanya pendampingan dari beberapa pihak. Demikian juga dengan Pembinaan Masyarakat dalam program pemberdayaan dapat dilakukan dengan  setiap Kegiatan arus didokumentasikan mulai dari awal pelaksanaan hingga akhir.

Untuk itu diharapkan, dalam proses penggunaan Anggaran Desa yang didapat perlu adanya pengawasan, serta saling membantudaru semua unsur, guna Percepatan program pembangunan wilayah Desa agar tercapai dengan baik dan tepat sasaran,"harapnya.

Menurut Pendamping Desa Cecep Komarudin dalam sambutannya mengatakan, ada 4 iitem dalam penggunaan dana desa yaitu, Pemerintahan, Pemberdayaan, infrastruktur dan peningkatan ekonomi.

Diharapkan pula, apabila pihak Desa ada kesulitan dan perlu penjelasan dalam pengelolaan anggaran dapat melakukan konsultasi dengan pihak pendamping Desa,"jelasnya.

Demikian halnya Faisal Yusuf Pj Kades Laksana dalam pemaparannya  menjelaskan, Alhamdulillah, bantuan Apbdes 2019 yang diterima Desa Laksana adalah untuk ADD Rp. 580 juta lebih, DDS, Rp. 1.252.743.451,-, PBH  Rp. 674.506.438, PBK Rp. 27.939.900, PBP Rp. 50. 000.000. Dan PAD Rp. 2.100.000 dengan total Rp.
2.585.391.143,-. 

Adapun untuk proses Pembangunan infrastruktur pada tahap I telah direalisasikan dalam bentuk  pembangunan dalam bentuk TPT, Betonisasi, dan Spal. Sedangkan program Pemberdayaan pembinaan dilakukan program Penyuluhan penanggulangan Narkoba Untuk Masyarakat,"jelasnya.

Selain itu, untuk Tahap II pada bidang pembangunan infrastruktur ada  4 titik Paving Block, dan saluran Irigasi dalam proses pekerjaan. "Alhamdulillah sudah direalisasikan dan bermanfaat bagi masyarakat.
Diharapkan dari Bantuan Desa yang telah direalisasikan kepada pihak masyarakat dapat menjaga serta memelihara hasil hasil program pembangunan tersebut,"ungkapnya.

"Alhamdulillah, Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Laksana sudah berjalan melalui anggaran sebesar Rp. 200 juta yang direalisasikan kepada usaha penyedia air bersih dan pembuatan keset melalui kelompok, dan apabila masyarakat memiliki usulan usaha, silahkan usulkan nantinya akan kita kaji bersama melalui jajaran Bumdes,"ungkapnya.

Diharapkan melalui Bumdes di Desa ini dapat berjalan dengan baik, kepada jajaran pengurus Bumdes dapat merealisasikan anggaran yang diberikan dalam pengelolaan hingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Laksana ini,"harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Pakuhaji, Yandri Permana yang turut hadir pada kegiatan menyampaikan, kegiatan Ekspos Realisasi APBDes 2019 Laksana merupakan hal yang perlu dilakukan, guna adanya keterbukaan serta transparansi dalam pengelolaan anggaran yang Diterima setiap desa.

Dalam hal inj, masyarakat juga harus mengetahui dipergunakan untuk apa saja bantuan dana tersebut, baik itu Realisasi dalam bentuk infrastruktur, pemberdayaan maupun Bumdes, "ungkapnya.

Jamal/solihin













×
Berita Terbaru Update