Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BPD Surya Bahari Akan Selalu Beri Pengawasan Realisasi APBDes

Selasa, Oktober 22, 2019 | 11:41 WIB Last Updated 2021-09-27T10:46:08Z
BPD Surya Bahari Akan Selalu Beri Pengawasan Realisasi APBDes


PAKUHAJI - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Surya Bahari akan turut serta dalam mengawasi Realisasi penggunaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) pada tahun 2019, hal ini diungkapkan dalam kegiatan Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Desa melalui Ekspos APBDes Surya Bahari pada Selasa 22 Oktober 2019 di Aula kantor desa.

Dalam sambutannya Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  Komar Tajudin mengatakan, pada kegiatan ini  Ekspos APBDes tahun 2019 Pemerintah Desa memberikan pertanggung jawaban melalui pemaparan Realisasi program pencapaian baik itu yang sudah dilaksanakan maupun yang akan di Programkan.

Diharapkan, melalui Ekspos ini dari apa yang telah direalisasikan dapat bermanfaat baik bagi kepentingan masyarakat khususnya di Desa Surya Bahari ini, dikarenakan salah satu fungsi BPD adalah melakukan pengawasan program Pemerintah Desa,"jelasnya.

Dari hasil pengawasan seluruh jajaran BPD tentang Realisasi APBDes Surya Bahari  pada tahun 2019, dalam program pembangunan telah dilaksanakan seratus persen.
Selain itu, diharapkan untuk program pelayanan ke masyarakat pihak Desa dapat dibenahi agar lebih baik untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam proses pelayanan."Katanya.

BPD Surya Bahari Akan Selalu Beri Pengawasan Realisasi APBDes

Hingga kini, Kami seluruh jajaran BPD memberikan apresiasi kepada pihak Kepala Desa dalam hal ini, walaupun masih ada beberapa yang mesti diperbaiki agar masyarakat mendapatkan manfaat baiknya, baik itu, dalam program pembangunan dan pemberdayaannya,"ungkapnya.
Demikian halnya Kepala Desa (Kades) Mukri yang didampingi operator Desa Surya Bahari dalam mengatakan, ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah desa yang telah hadir dalam kegiatan ini.

Kades dalam pemaparannya menjelaskan, Terkait alokasi bantuan yang diterima Desa Surya Bahari pada tahun 2019 ini dengan total sebesar Rp. 2.995.240.364,-. Dengan rincian sebagai berikut, untuk belanja Desa, melalui Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa Rp. 1.352.722.763,-, Bldang Pembangunan Desa Rp. 1..577.204.000, Bldang Pombinaan Kemasyarakatan Rp. 37.885.000, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dengan Jumlah Rp. 27.128.601,-
"Alhamdulillah, Untuk realisai pembangunan fisik dari Bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam bentuk paving block, Betonisasi Jalan lingkungan dibeberapa titik  serta program pemberdayaan melalui pembinaan aparatur Desa dan masyarakat sudah dilaksanakan,"ungkap Kades.

Sekretaris Camat (Sekcam) Pakuhaji, Yandri Permana yang hadir pada kegiatan menjelaskan, dari semua kegiatan yang terima pihak pemerintah desa bersumber dari alokasi anggaran APBD, Provinsi dan Pusat.

BPD Surya Bahari Akan Selalu Beri Pengawasan Realisasi APBDes

Dari anggaran yang diterima pemerintah desa berasal dari uang masyarakat melalui pajak, utnuk itu diharapkan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Pakuhaji dapat selalu taat dalam  membayar pajak,"ungkapnya.

Alhamdulillah juga untuk Desa Surya Bahari dari seluruh bantuan baik program fisik maupun pemberdayaan  melalui tahap I dapat berjalan dan dapat terealisasi dengan baik. "Untk itu diharapkan pihak Desa dapat segera menyelesaikan Pelaporannha agar untuk program pada tahap II dapat segera dilaksanakan.

Diharapkan dari semua yang telah direalisasikan itu nantinya dapat dinikmati serta dapat bermanfaat bagi masyarakatnya Deaa,"harap Sekcam.  

Demikian juga dengan jajaran BPD Surya Bahari, Saya ucapkan terima kasih karena  telah aktif dalam memberikan masukan-masukan kepada pihak Desa sesuai fungsi tugasnya,"jelasnya.

Demikian halnya Hj. Hidayatul Hijah, S.Ag Kasi Pemerintahan Kecamatan Pakuhaji mengatakan, Saya harap kepada pemerintah Desa dalam alokasi bantuan yang diterima agar dapat transparan, agar masyarakat tahu apa apa, dan bentuk program yang telah Direalisasikan,"ungkapnya.

Terkait semua program yang telah dilaksanakan ada beberapa item program yang belum dilampirkan dokumentasi seperti foto+foto kegiatan, serta  pemasangan Prasasti diharapkan dapet segera dilengkapi, agar pada program Realisasi Tahap II nantinya dapat segera dlirealisasikan,"ungkapnya.

Jamal/solihin










×
Berita Terbaru Update