Pemuda ini Harumkan Kecamatan Pakuhaji Pada Lomba Inovasi TTG



onlinepantura.com PAKUHAJI -Patut dkbanggakan, Pemuda asal Desa Kiara Payung mewakili Kecamatan Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang bernama Hanafi  mendapatkan  Juara III Pada lomba karya Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2019 tingkat Kabupaten Tangerang untuk kategori umum beberapa waktu lalu.

Menurut  Kasi Pemberdayaan Kecamatan Pakuhaji Faisal Yusuf kepada onlinepantura.com pada Rabu 28 Agustus 2019 mengatakan, Alhamdulillah Desa Kiara Payung  yang mewakili  Kecamatan Pakuhaji mendapatkan penghargaan dalam lomba inovasi TTG
untuk alat Pompa air ekonomis tekanan udara yang dikembangkan oleh Hanafi pemuda desa Kiara Payung ini.

Saya bangga bahwa di Kecamatan Pakuhaji masih ada pemuda pemuda yang inovatif dan kreatif. yang berbasis kearifan lokal dan potensi daerah,"ucapnya.

Diharapkan, nantinya dari alat tersebut dapat bermanfaat secara optimal oleh masyarakat pengguna dapat meningkatkan efisiensi, 
kapasitas produksi dan membeirkan nilai tambah secara ekonomi bagi kegiatan ekonomi produktif dalam menghadapi persaingan lokal, regional dan global pada akhirnya ini dapat menunjang perkembangan sektor perekonomian masyarakat dan petani khususnya,” jelasnya.


Demikian halnya diceritakan Hanafi sebagai pengembang alat Pompa air ekonomis tekanan udara kepada onlinepantura.com melalui pesan WhatsApp nya, "Berangkat dari adanya keresahan Hanafi melihat para petani diwilayah Desanya masih  menggunakan alat tradisional untuk menyirami tanaman sayur, atau mengaliri padi dengan pompa konvensional dgn bahan bakar fosil.

Adapun untuk cara Kerja dari alat tersebut adalah, Sebuah tong yang d beri 3 lubang. Yaitu lubang penarikan, pengeluaran dan pengisian kemudian dari  lubang pengeluaran dan penarikan akan di turup terlebih dahulu, saat pengisian air dalam tong. 


Setelah penuh  kemudian tutup lubang pengisian. Kemudian buka lubang pengeluaran, dgn lubang penarikan tetap tertutup dan lubang pengisian tetap  tertutup.

Lalu setelah sekitar 1- 2mnit lubang penarikan di buka, maka selanjutnya lubang penarikan di buka dengan  lubang penutupan harus tetap tertutup,"Cerita Hanafi.

Semoga dari inovasi inj nantinya dapat bermanfaat baik bagi kepentingan masyarakat banyak. Serta dapat membeirkan nilai tambah secara ekonomi bagi kegiatan ekonomi produktif dan menunjang perkembangan sektor perekonomian masyarakat,”ungkapnya.

Solihin/Jamal

Tidak ada komentar