Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Beli Rice Cooker Baru,Cek Dahulu Kondisinya

Sabtu, April 27, 2019 | 17:59 WIB Last Updated 2019-04-27T11:34:12Z

OnlinePantura.com JAKARTA - Sebelum ganti rice cookerdengan yang baru, sebaiknya ketahui dulu ciri rice cooker yang tidak berfungsi sempurna. Bisa jadi Anda tak perlu beli yang baru.

Ganti rice cooker jelang Ramadan agaknya sudah jadi sebuah tradisi di tanah air. Rice cooker yang biasa digunakan di rumah mendadak dianggap tidak berfungsi secara sempurna.

Bagian luar rice cooker yang terkelupas dijadikan patokan rice cooker rusak. Padahal ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum mengganti rice cooker yang ada dengan yang baru. 

Berikut 5 pertanda kalau rice cooker Anda memang perlu diganti.

1. Cast heater tidak berfungsi
Cast heater menyatu dengan logam yang ada di bagian dalam rice cooker. Bagian inilah yang memghasilkan panas yang ada. Penghantarnya ialah benda menonjol kecil yang ada pada bagian tengah dalam rice cooker (termostat).

Jika beras yang Anda masak membutuhkan waktu terlalu lama hingga membuat hasil nasi yang dimasak cenderung lembek bisa jadi cast heater rice cooker sudah tidak berfungsi.

Contoh lain yang mudah ialah saat nasi tidak juga matang meski sudah dimasak dalam waktu cukup lama.

2. Tombol saklar
Tombol cook dan warm yang ada bisa jadi pertanda jika rice cooker tidak berfungsi dengan baik. Kasus yang biasa terjadi jika tombol saklar tidak berfungsi ialah saat Anda menekan tombol 'cook'. 

Meski lampu masak menyala, nyatanya cast heater tetap tidak bekerja sehinga tidak ada penghantar panas di dalam rice cooker.

Beras yang dimasak pun akhirnya tidak kunjung matang. Atau fungsi 'cook' tidak berpindah ke 'warm' saat nasi matang. 

3. Tutup rice cooker
Bagian yang satu ini mudah longgar lantaran sering dibuka dan ditutup saat akan menyendok nasi. 

Tutup rice cooker yang tidak berfungsi sempurna mempengaruhi tingkat kematangan nasi. Sebab panas akan merata ke seluruh wadah rice cooker jika penanak nasi tertutup sempurna.
Panas yang tidak menyeluruh justru sebabkan beberapa bagian nasi tidak matang dengan sempurna.

4. Kabel
Anda wajib memperhatikan hal yang satu ini. Salah-salah, rice cooker dengan kabel terbuka atau putus justru bisa sebabkan korsleting listrik. Kabel yang jadi penghantar aliran listrik bisa saja tak berfungsi dengan baik.

5. Panci dan luar rice cooker
Kedua hal ini sebenarnya tidak bisa jadi patokan rusaknya rice cooker di rumah. Panci rice cooker yang tergores memang selalu dikaitkan dengan tingkat kematangan nasi. Meski dalam kasus goresan yang parah memang punya dampak pada tingkat kematangan nasi. 

Bagian panci yang tergores cukup banyak menghantarkan panas berlebih sehingga nasi yang ada pada bagian ini matang lebih dulu. Bisa terjadi nasi lengket atau gosong sebagian.

Sedangkan tampilan luar rice cooker yang terkelupas justru tidak mempengaruhi kinerja rice cooker itu sendiri.

Untuk itu, sebaiknya jika nasi tetap matang sempurna, tidak lembek dan berair ketika dibiarkan dalam posisi 'warm' maka rice cooker Anda masih layak pakai.***

×
Berita Terbaru Update