Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang,Bantu Permodalan Bagi Usaha Kecil

Senin, Februari 19, 2018 | 19:29 WIB Last Updated 2019-11-05T04:42:17Z

SEPATAN TIMUR - Sosialisasi dukungan informasi permodalan Koperasi dan usaha Mikro Kabupaten Tangerang tahun Anggaran 2018 melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT)- Unit Pelayanan Dana Bergulir (UPDB) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro pada 19 Februari 2018 di Aula Kecamatan Sepatan Timur (Septi) Kabupaten Tangerang.

Hadir dalam kegiatan Kepala UPT UPTB KUMKM Kabupaten Tangerang, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Camat yang diwakili, perwakilan Desa/Kelurahan, para pelaku usaha kecil menengah seKecamatan Septi.

Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Ma'mun Murod SAg dalam sambutannya mengatakan, program UPDB KUMKM sangat berguna bagi masyarakat yang memiliki usaha dalam hal ini terkait permodalan yang dibutuhkan masyarakat dalam  pengembangan usaha agar lebih baik.

Untuk wilayah Kecamatan Septi masih banyak masyarakat yang memiliki usaha peengrajin, seperti usaha kesed, makanan Otak-otak, warung sembako dan lain sebagainya.

Dan itu merupakan usaha kecil menengah yang pasti para pemilik usah tersebut terkendali dalam permodalan,"jelasnya.

Diharapkan, nantinya masyarakat melalui pinjaman yang digulirkan dengan bunga pinjaman sedikit dan tidak memberatkan masyarakat dapat bermanfaat baik guna pengembangan usaha yang sedang dikembangkannya,"harapnya.

Demikian halnya disampaikan Tri Samiarto Kabag Tata Usaha Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) Dinas Koperasi dan usaha Mikro dalam presentasi menjelaskan, bahwa tujuan dari program pemberian pinjaman adalah seperti menjamin terpenuhinya pelayanan penyaluran dana Bergulir untuk perkuatan modal bagi koperasi, usaha mikro, kecil menengah dan usaha lainnya untuk masyarakat.

Ini merupakan unit pengelola dana Bergulir yang selanjutnya di sebut UPDB adalah unit Pelaksana teknis pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang.
 
Untuk itu, kami selalu memberi pendampingan bagi mereka, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi akses permodalan bagi koperasi dan UKM,” paparnya.

Diharapkan, dengan permodalan usaha yang akan digulirkan nantinya akan  dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dalam  pengelolaan usahanya.

Dalam proses pinjaman tersebut harus dikembalikan dan akan digulirkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, karna ini anggaran pemerintah bukan swasta.

Untuk masyarakat yang akan melakukan  usulan pihak pinjaman nantinya harus melalui proses pengisian data, salah satunya identitas dan jenis usahanya berada di Kabupaten Tangerang,"jelasnya.

Kepala Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) Rizky Maria Puspita G. SE menjelaskan, Kegiatan ini Memberikan kesempatan usaha kepada masyarakat dan membantu permodalan Usaha Mikro yang produktif agar mampu berkembang dan menyerap tenaga kerja,"katanya.

Untuk itulah melalui pemerintah memberikan pinjaman Bergulir dengan bunga pengembalian yang tidak tinggi,"jelasnya. 

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan Produktivitas dan daya saing bagi Koperasi dan Pelaku Usaha Mikro dan dapat lebih maju dan berkembang dalam semua jenis usahanya,"harapnya.


Solihin



×
Berita Terbaru Update