Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemdes Kampung Melayu Barat bersama PMI Kabupaten Tangerang Giat Donor Darah Saat Pandemi

Minggu, Desember 27, 2020 | 13:53 WIB Last Updated 2021-04-07T10:11:33Z
Pemdes Kampung Melayu Barat bersama PMI Kabupaten Tangerang  Giat  Donor Darah Saat Pandemi


OnlinePantura.com - Jangan Takut Donor Darah! Pemdes Kampung Melayu barat (KMB) Kecamatan Teluknaga bersama PMI Kabupaten Tangerang Edukasi Penting dan Amannya Donor Darah saat Pandemi. Sejak pandemi COVID-19, muncul sebuah stigma di masyarakat yang mengatakan bahwa mendonor darah selama pandemi bisa berbahaya.


Pandangan ini membuat masyarakat menjadi takut untuk mendonor darah. Akibatnya, jumlah suplai kantong darah di Indonesia semakin menipis dan membuat beberapa penyakit seperti demam berdarah, thalasemia, dan penyakit lainnya yang membutuhkan transfusi darah secara rutin menjadi terhambat untuk diobati karena kesulitan mencari kantong darah,"ujar Kepala Desa (Kades) Kampung Melayu Barat Subur Maryono saat di temui pers di aula KMB Sabtu (26/12/20). 


Peduli akan hal ini, Pemdes KMB dan PMI kabupaten Tangerang berkomitmen untuk mendukung Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memberikan edukasi kepada publik mengenai kebutuhan donor darah dan meyakinkan publik bahwa mendonor darah bersama PMI itu aman, melalui kampanye sosial. 


Dengan kegiatan donor darah yang dilakukan, UDD PMI kabupaten Tangerang melalui Riva Giantara Kepala seksi perekrutan dan pelestarian  donor darah , berharap gar kesadaran masyarakat terhadap urgensi kebutuhan kantong darah, semakin meningkat",tandas Riva. 


Terlebih penting yaitu untuk menghilangkan stigma yang berkembang bahwa donor darah di masa pandemi ini berbahaya. Pastinya dalam melakukan donor darah setiap petugas PMI menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, begitu juga pendonor yang wajib menggunakan APD minimal masker. 


Tidak hanya itu serangkaian protokol kesehatan untuk menjaga keamanan dan kebersihan juga diterapkan ketat dalam pelaksanaan donor darah di PMI, ujar Riva Giantara.


Dukungan Pemdes KMB terhadap PMI ini juga diviralkan melalui  surat terhadap perangkat desa, instagram, Whatsapp, Facebook juga melalui konten edukatif dan informatif mengenai fakta-fakta seputar darah, pentingnya donor darah keamanan mendonorkan darah, dan jadwal kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI.


Upaya pemdes KMB di bawah kepemimpinan Kades Subur Maryono dengan upaya publikasi yang sederhana namun masif dilakukan melalui berbagai komunitas di medua beragam platform lainnya.


Kampanye sosial ini juga dilakukan dalam bentuk challenge untuk menarik partisipasi publik terutama dari kalangan warga, karang taruna dan generasi muda di apresiasi oleh aktivis dan tokoh pemuda Tangerang Utara Budi Usman, dan Berharap terus di lakukan sebagai refleksi pelayanan terhadap warga",tandas Budus.
***

×
Berita Terbaru Update